Beranda Cianjur Selatan Duh, Jalan ke Obyek Wisata Lugina Rusak

Duh, Jalan ke Obyek Wisata Lugina Rusak

95
0
Ilustrasi

JCS – Jalan beton atau jalan yang sudah bagus menuju obyek wisata Lugina sekitar 200 meter, itu dari pertigaan Lapang Pasir Bayur PTPN VIII Kebun Agrabinta. Setelah 200 meter, badan jalan berkoral campur tanah, seperti kondisi di kawasan kebun karet Agrabinta, ke sananya lagi memang ada yang dibeton di kiri-kanan jalan, sementara tengah-tengah badan jalan masih berbatu koral.

Padahal, badan berlobang itu berpotensi membayakan para pengguna jalan di lokasi tersebut.

Para pengendara yang lewat jalan ini harus hati-hati karena banyak batu yang menganga. Atas kondisi ini, masyarakat Lugina dan para pengguna jalan berharap kepada Pemkab Cianjur melalui Dinas Pekerjaan Umum Cianjur, secepatnya memperbaiki badan jalan yang berlobang menuju obyek wisata Lugina Desa Wanasari Kecamatan Agrabinta ini.

Seperti dikeluhkan Sukma, pemilik warteg di lokasi Obyek Wisata Lugina, bahwa ruas jalan Lugina semakin rusak, terutama dari kawasan kebun karet sampai lokasi obyek wisaya. “Rusaknya ya sekitar lima kilometer, duka opat kilo meter, pokona awon matak paur geubis. Paur carilaka,” ujar Sukma yang mengaku bersama istri buka jongko makanan di basisir Lugina setiap hari Sabtu dan Minggu.

Soal pengunjung, kata Sukma, lumayan banyak apalagi pada hari libur seperti sekarang, bahkan sudah beberapa kali (tiap hari Minggu) dikunjungi wisatawan, misal rombongan para pejabat Cianjur membawa mobil Fortuner, mobil bagus-bagus itu terlihat pada parkir di lahan yang disiapkan pengelola wisata, Hurdi.

Terakhir pada hari Minggu kemarin ada rombongan motor gede dari kota Bandung. Keramaian itu diakui Sukma cukup membawa berkah bagi para pemilik warung karena banyak yang jajan dan makan diwarteg.

“Tah minggu kamari seueur jalmi ngalidek di basisir Lugina, cenah mah rombongan bakal calon bupati Cianjur nyanak mobil Fortuner, sareng grup musik,” tutur warga Cibolang ini, kepada JCS, Sabtu (1/2/2020).

Penggawa JCS beberapa kali memantau ruas jalan tersebut. Jadi soal keramaian pengunjung ke obyek wisata pantai yang boleh dikata masih perawan ini, sebenarnya dari minggu ke minggu semakin ada peningkatan, hanya saja terkendala oleh jalan rusak.

Maka para pengemudi yang melintas jalan Lugina ini, wajib hati-hati. Sebab, lobang yang menganga hampir 30 cm bahkan lebih, posisinya pas berada di tengah badan jalan (lewat kebun karet itu).

Perhatian Pemkab Cianjur:
Kondisi jalan rusak menuju obyek wisata Lugina sudah diketahui Pemkab Cianjur, anggota dewan, pemerintah Kecamatan Agrabinta dan Desa Wanasari. Menurut informasi yang didapat JCS, bahwa Pemkab Cianjur sedang gressroot pembenahan tempat-tempat wisata, salah satunya pantai Lugina ini. Mas Kingking (Kades Wanasari) mengatakan, pihaknya tidak membiarkan kondisi jalan ke arah Lugina rusak, hanya saja butuh proses untuk mendapatkan anggaran buat jalan.

Dalam musyawarah rencana pembvangunan (musrenbang) pun telah dibahas dan disusulkan. Menurut kuwu Kingking, peningkatan jalan ke Lugina pasti dilanjutkan, karena perbaikan jalan salah satu upaya meningkatkan kunjungan wisata di daerah itu. “Jalan ke obyek wisata Lugina akan diperbaiki. Bahkan usulannya sudah sejak tahun lalu, untuk realisasi insyaAllah tahun ini,” kata Kingking kepada JCS, Jumat (31/1/2020).

Kondisi jalan rusak selama ini setidaknya akan mengurangi minat para pengunjung. Soal realiasai diperkirakan bulan Juni-Juli karena sebelumnya harus melalui tender para pengembang di dinas terkait. Untuk peningkatan jalan kemungkinan bukan diaspal, tapi dibeton karena kondisinya sedikit berbukit. Bila diaspal, aspal cepat terkelupas akibat panas dan air. Karena itu jalan ini akan dibangun dengan cor beton.

Imron, pengguna jalan Lugina menyambut rencana pemerintah akan membangun jalan tersebut. Karena jika jalan itu sudah bagus akan memudahkan warga Cianjur selatan, atau luar Agrabinta berkunjung ke obyek wisata ini. “Selama ini kami sulit rekreasi ke Lugina karena jalan rusak,” kata Imron.

Menurut Imron, dia pernah melihat pengemudi motor terjatuh ketika berkunjung ke Lugina akibat jalan rusak. Terutama dimusim hujan saat ini, jalan ke Lugina berlumpur dan licin.

“Mudah-mudahanlah jalan ke Lugina segera diperbaiki agar pengunjung bisa aman berkendaraan menuju obyek wisata ini,” harap dia. (tas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here