Beranda Religi Dua Deterjen Mampu Membbersihkan Kotoran

Dua Deterjen Mampu Membbersihkan Kotoran

33
0
Ilustrasi

JCS – Allah ‘Azza wa Jalla mencintai orang-orang yang baik. Kalau masa lalu kita penuh dosa karena suka berbuat negatif seperti minum khamar dan dosa-dosa selevelnya. Dosa-dosa itu, pasti diampuni Allah. Kecuali utang piutang itu wajib dibayar, atau segera minta keikhlasannya dari orang yang kamu pinjam. Hati-hati juga dengn riba dalam hidup yang penuh fitnah dan riba.

Jadi tidak ada dosa bagi orang yang pernah makan dan minum yg haram, tetapi setelah tobat nasuha terus melakukan amal soleh, bertakwa dan beriman.

Ada orang yang meninggalkan kemungkaran saja, tapi amal solehnya masih minim. Disamping meninggalkan kemungkaran, lalu diiringi amal soleh, maka disebut orang ihasan, muhsinin.

Teman-teman, kodrat kita adalah suka berbuat dosa itulah. Tapi ingat, dosa bukan akhir segalanya, bahwa akhir segalanya adalah taubat. Manusia hancur apabila tidak bertaubat. Kita menginginkan, kesempurnaan, namun ternyata mengarungi tikecebur lagi dalam kubangan dosa dan dosa lagi. Itulah manusia. Manusia jangan pernah putus asa. Manusia jangan putus dari Rahmat Allah. Kesucian itu bukan milik kita. Sekali lagi, kita banyak dosa, tapi dari dosa-dosa itu bisa jadi mulia apabila mau bertaubat.

Dosa itu ada dua: dosa yg telah dilakukan maupun dosa yg blm dilakukan alias baru terngiang dlm pikiran ingin anu…, ini tidak akan hilang kecuali dengan rajin menuntut ilmu dan terus beramal soleh. Maklum dalam pikiran manusia bnyak syahwat. Sungguh beruntung orang yang membersihkan diri.

Kotoran dalam hati dan pikiran akan bersih bila dibilas dengan dua deterjen ini, yakni banyak shalat dan dzikir. Demikian inti ceramah di Madani TV, Kamis (27/2/2020). Wallahu a’lam. (sa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here