Beranda Cianjur Selatan Di Cianjur Selatan Harus Ada Damkar!

Di Cianjur Selatan Harus Ada Damkar!

436
0
Ilustrasi pasukan pemadam kebakaran

JCS – Pemadam kebakaran (Damkar) atau PMK adalah pasukan yang siap siaga (bertugas) memadamkan kebakaran, melakukan penyelamatan, dan menanggulangi bencana atau kejadian lainnya.

Petugas pemadam kebakaran selain terlatih untuk menyelamatkan korban dari kebakaran atau melakukan pemadaman, juga dilatih untuk menyelamatkan korban-korban bencana seperti kecelakaan lalu lintas, gedung runtuh, banjir, gempa bumi, dan lainnya.

Dilain hal, mereka juga ditugaskan untuk melakukan tugas-tugas penyelamatan yang tidak menyangkut adanya kebakaran seperti pengevakuasian sarang tawon, menyelamatkan korban bunuh diri, menyelamatkan orang atau hewan yang terjebak, menanggulangi pohon tumbang, dan lainnya.

Pemadam kebakaran juga terkadang ditugaskan untuk memberi sosialisasi dan pendidikan kepada rakyat sipil tentang kebakaran dan cara menanggapinya.

Nah, di Cianjur, Damkar hanya ada di pusat kota. Sementara di wilayah Cianjur selatan: Campaka, Sukanagara, Pagelaran hingga Sindangbarang belum ada kantor perwakilan Damkar.

Tapi kabarnya pemerintah Kabupaten Cianjur akan membuat kantor layanan pemadam kebakaran di Cianjur selatan, tepatnya di Campaka dan Sindangbarang.

Terkait hal itu, Kepala Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Cianjur, Muzani Saleh mengatakan, saat ini kantor pelayanan Damkar baru ada di perkotaan, Cipanas, Ciranjang, Cikalong, dan Cibeber.

“Masing-masing ada satu unit damkar, khusus di kantor layanan utama ada beberapa unit mobil damkar,” kata Muzani dimuat Jabar Ekspres, Rabu lalu.

Menurutnya, Cianjur selatan juga dinilai perlu untuk disediakan kantor layanan Damkar, mengingat potensi kebakaran cukup tinggi. Berbeda dengan wilayah kota yang kebakaran didominasi pemukiman, Cianjur selatan banyak terjadi kebakaran lahan.

“Itu yang perlu diantisipasi, jadi selain pemukiman juga untuk menangani kebakaran lahan,” kata dia.

Muzani menambahkan, perencanaan pembentukan kantor layanan Damkar di Cianjur selatan sudah ada, namun masih perlu ditindaklanjuti untuk memastikan pelaksanannya.

“Kemungkinan ada perubahan lokasi, termasuk rencana yang Campaka itu pemindahan dari Cibeber. Apakah jadi atau pembentukan kantor sendiri itu tergantung nantinya,” kata dia.

Menurut mantan Kasi Pem Kec. Cibinong ini, pihaknya masih mempersiapnkan alat, kendaraan, hingga personel. Rencananya di 2019 ini akan ada penambahan beberapa unit mobil damkar dan sejumlah petugas.

“Mempersiapkan kantor baru itu kan juga harus dengan alat, kendaraan dan petugasnya. Maka dari itu kami siapkan dulu sebelum kantor layanannya,”kata Muzani. (tas/bay/sri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here