Beranda Berita Destinasi Wisata di Pasirkuda Terbentur Infrastruktur

Destinasi Wisata di Pasirkuda Terbentur Infrastruktur

266
0

JCS – Banyak destinasi atau tempat wisata di Kecamatan Pasir Kuda Kabupaten Cianjur, salah satunya Setu Air di Desa Simpang. Sayang, gara-gara isu virus Corona atau Covid-19 yang merebak di Tanah Air membuat lokasi ini menjadi sepi dari pengunjung.

Tapi untuk ke depan, lokasi wisata di Desa Simpang Pasirkuda ini layak dikembangkan lantaran memimiliki potensi yang menjanjikan untuk memajukan sebuah desa. Belum lagi lahan yang cukup luas, seperti wisata Air Situ Rawagede.

Situ atau danau ini merupakan tempat yang memiliki pemandangan yang indah, sehingga cocok dijadikan wisata air.

Menurut Kepala Desa Simpang, Sesep Pahmi Hasani, lokasi destinasi di wilahnya memiliki potensi yang bagus untuk ditata. Situ ini terletak di kampung Rawagede RT02/RW06 Dusun Ciaul.
Sang kuwu juga mengaku punya konsep destinasi wisata air dan perikanan serta tambak ikan.

“Luasnya sekitar dua hektar. Saya yakin lokasi ini bisa menjadi lokasi wisata yang bisa menarik wisatawan lokal, khususnya,” kata Sesep, belum lama ini.

Sejauh ini, lanjut Sesep, lokasi yang ada sebetulnya bukan hanya wisata air, namun juga destinasi wisata pegunungan dan lereng. Lokasi ini dinilai sangat bagus untuk dikembangkan untuk dijadikan tempat wisata.

“Areanya sangat mumpuni untuk dikembangkan,” kata kuwu Sesep.

Kuwu Sesep mimpi ingin lokasi itu dilengkapi dengan area camping graund, karena di sini memiliki pemandangan indah, serta fasilitas yang bisa dikembangkan.

Namun keluhan saat ini, adalah fasilitas pendukung berupa infratsruktur jalan dan camping ground.

Oleh karena itu, pihak pemerintah desa berharap perhatian pemerintah Provinsi Jabar dan Pemkab Cianjur terhadap masalah infrastruktur jalan menuju blokasi wisata.

Masih diutarakan kuwu Sesep, bahwa destinasi pedesaan tidak akan berkembang cepat jika tidak ditunjang oleh jalan yang bagus. “Kami mohonkan masalah keluhan itu, agar infrastruktur jalan diperbaiki tahun ini. Kami ingin lokasi wisata air itu ada wisata bernuansa alam yang indah, banyak ikannya dan danau yang bisa berlayar, atau sejenis arung jeram lah,” harap dia.

“Kami yakin masyarakat butuh wisata alam dan air seperti ini,” tambahnya.

Kalau lokasi wisata sudah ditata, terus fasilitasnya mendukung, lalu kemudian tinggal memenejnya. Dalam pengelolaan wisata ini, lanjut Sesep, pihaknya akan melibatkan karangtaruna maupun warga yang bisa dipercaya dalam mengelola obyek wisata.

“Apalagi di desa sini ada badan usaha milik desa (bumdes). Pokonya potensi dan aset desa ingin dikembangkan, sehingga potensi wisata ini bermanfaat dan kontribusi untuk kepentingan umum,” pungkasnya. (ziz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here