Beranda Religi Dakwah dengan Perbuatan

Dakwah dengan Perbuatan

26
0

JCS – Bertindak ramah terhadap orang miskin dan lemah itu sangat mulia. Karena kesuksesan seseorang lantaran adanya mereka, jadi jangan lupa pada orang-orang lemah di sekitar kita. Demikian inti ceramah Ustadz Abdullah Zain di Insan TV, Rabu (29/1/2020) malam.

Karena adanya mereka (orang-orang lemah) menyebabkan seseorang mendapat peluang untuk menyampaikan ilmu. “Banyak dalil yang menyuruh orang-orang mampu untuk mencari orang-orang yang lemah,” tutur Abdullah.

Bahkan Rasulullah SAW pernah ditegur oleh Allah SWT ketika khilaf pada orang lemah. Maka dengan sikap lembut dan ramah tatkala berda’wah, paling tidak akan mendapatkan dua sisi bagi penda’wah. Pertama, ketika nyampaikan materi da’wah terhadap orang-orang lemah akan mudah diterima. Sebab, pikiran mereka menginginkan keindahan hidup karena ada tuntunan ilmu dari penceramah. Secara asal, orang-orang lemah lebih mudah dida’wahi.

Kedua, mereka akan melihat keseharian orang-orang, apalagi seorang penda’wah. Berbeda dengan menda’wahi orang-orang pembesar atau orang-orang yang punya kedudukan itu butuh cara yang lain.

“Kita dapat memetik hikmah dari raja Arab yang masuk Islam kala itu, yaitu Adiy bin Hatim Athori. Dia dibuka hatinya oleh Allah SWT mendapatkan taufik hidayah,” tutur penceramah.

Betapa indah jika seseorang menjaga keramahan dan santun. Ketika dia bertemu dengan tukang sapu selalu menyapanya, ketika bertemu dengan orang berkedudukan pun tetap menyapa. “Dia tidak membeda-bedakan orang, dengan siapapun tetap ramah dan santun, karena tujuannya satu yaitu niat berdawah karena Allah,” dimisalkan Abdullah.

“Jadi kita harus mencontoh suri tauladan Rasulullah SAW,” pungkasnya. (sa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here