Beranda Advertorial Bukber Garuda Select di Birmingham penuh Kebersamaan

Bukber Garuda Select di Birmingham penuh Kebersamaan

234
0
Garuda Select buka bersama. (Istimewa)

JCS – Menjalani ibadah puasa Ramadhan di negeri orang tentu beda dengan di kampung halaman sendiri. Selain faktor jauh dari keluarga, lama waktu berpuasa, terutama di negara Eropa, juga menjadi tantangan tersendiri.

Hal itu pulalah yang kini sedang dihadapi oleh para pemain Muslim Garuda Select yang tengah berlatih di Birmingham, Inggris, sejak Januari 2019 lalu.

Dihimpun JurnalBola dan JCS, para pemain ini tengah membiasakan mengatur waktu sahur dan buka puasa, di sela-sela latihan yang dijalani. Durasi berpuasa di Inggris sendiri lebih lama sekitar empat jam daripada di Indonesia.

Memulai puasa dengan sahur pada pukul sekitar 03.00 pagi, para pemain baru bisa berbuka pada pukul 20.45 waktu Inggris. Beda waktu Indonesia dan Inggris adalah enam jam lebih cepat di Indonesia.

Artinya, ketika skuad Garuda Select tengah berbuka pada pukul 20.45 waktu Inggris, warga di Tanah Air mungkin tengah bersiap untuk sahur, misalnya saat puasa hari kedua kemarin ketika para pemain berbuka puasa bersama di salah satu dapur flat tempat tinggal tim, Selasa (7/5/2019).

Ada yang berbeda saat momen buka puasa bersama seperti yang dihadiri sejumlah awak media tersebut. Bagaimana tidak, Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria, yang tengah berada di Inggris, turut hadir dalam momen itu.

Bahkan, sebelumnya, Ratu Tisha menyiapkan menu berbuka dengan memasak berbagai makanan, dibantu oleh beberapa pemain, seperti Bagus Kahfi, Bagas Kaffa, Yadi Mulyadi, Amanar, dkk.

Saat waktu berbuka telah tiba, terlihat beberapa pilihan makanan telah tersaji, mulai dari ayam kecap, ayam goreng, tumisan, dan sayur sop. Tak lupa pula ada sajian teh manis hangat.

Para pemain pun, mencicipi dengan lahap menu berbuka tersebut. “Masak ayam kecap, ayam goreng, sayur sop,” kata Ratu Tisha saat momen buka puasa.

Masakannya nikmat, seperti yang rekan-rekan jurnalis cicipi, selain memang perut sudah lapar tentunya. Bahkan, terlihat ada beberapa pemain yang menambah makanan lagi.

Selesai makan, terlihat pula ada beberapa pemain yang kemudian mencuci atau membersihkan piring, gelas, sendok, dan perkakas lainnya. “Ya inisiatif saja, Mas, enggak ada piket (mencuci),” kata pemain, Liba Valentino, yang tengah membersihkan alat makan bersama Fadillah Nur Rahman.

Agenda terdekat, tim Garuda Select akan menjalani laga pamungkas dengan menghadapi Chelsea U-16 pada Sabtu (11/5/2019). Laga tersebut bisa disaksikan lewat layanan streaming via www.supersoccer.tv. (rus/net)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here