Beranda Religi Beramal dan Bekerja

Beramal dan Bekerja

54
0

JCS – Sebagai muslim, tidak boleh meminta-minta kepada orang lain. Ia senantiasa bisa bekerja secara maksimal dan berupaya menghasilkan produk terbaik, serta bermanfaat bagi orang banyak. Namun, ketika ia mendapatkan pekerjaan atau usaha, melaksanakannya merasa diawasi Tuhan, dengan begitu hasil kerja bernilai ganda, yaitu di dunia dan di akhirat.

Inilah kerja yang bagus yang dilandasi konsep ihsan.
Seseorang melaksanakan pengabdian kepada Tuhan seolah-olah ia melihat-Nya dan bila tidak demikian maka ia merasa dilihat Tuhan.

Para pembaca yang budiman, dalam sebuah hadis yang diriwayatkan (H.R.) Ahmad, Abu Ya’la, Ibn Hibban, dan al-Baihaqi. Beliau SAW bersabda: “Seandainya salah seorang kamu beramal (bekerja) di dalam sebuah batu keras lagi padat yang tidak mempunyai pintu dan tidak pula lobang, niscaya Allah mengeluarkan (menunjukkan) amal (kerja)nya itu kepada manusia sebagaimana adanya”.

Hadis ini membentuk etos kerja bagi masyarakat Islam. Seorang muslim harus menyadari bahwa dalam agama ia dituntut untuk beramal dan bekerja. Jadi, hidup seseorang yang memiliki kelebihan harta dianjurkan gemar memberi, sedekah atau memberi kepada orang, itu amalam amat dipuji. Sebaliknya, jika seseorang suka meminta-minta itu sangat dicela dalam Islam karena dia telah merendahkan pemberian rezeki dan nikmat Allah SWT.

Bahkan, sebagian ibadah wajib tidak dapat dilaksanakan kecuali oleh orang yang relatif mempunyai kelebihan harta.

Seorang muslim yang semangat kerjanya untuk mencapai kehidupan yang baik (hayah thayyibah) di dunia dan akhirat masih rendah, berarti kita belum menghayati ajaran agamanya secara seksama. Oleh karena itu, sebagai muslim harus bekerja atau berkarya dengan ilmu sesuai kemampuan, sehingga dirinya dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya, apalagi kerja di era teknologi kini. Semoga Allah SWT memudahkan kita untuk mendapatkan rezeki yang halal -sebagai bekal ibadah kepada-Nya. Amiin… Wallahu a’lam. *

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here