Beranda Pendidikan Belajar dengan Daring: Proses Pembelajaran Bersama

Belajar dengan Daring: Proses Pembelajaran Bersama

85
0

JCS – Beberapa hari lalu, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim telah menerima keluhan dan masukan dari sebagian masyarakat Indonesia soal pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), atau daring selama masa pandemi virus Corona (Covid-19).

Salah satunya masukan dari KPAI yang saat ini menampung lebih 213 keluhan siswa dan orang tua.
Namun, Mendikbud meminta semua pihak bersabar dengan pembelajaran jarak jauh yang masih mengalami kekurangan di sana sini. Sebab seluruh pihak tengah beradaptasi dengan model belajar yang selama ini memang belum digunakan secara masif di Indonesia ini.

Menurut Mendikbud, ini masa adaptasi. Guru tetap belajar, orang tua belajar menghandel anaknya di rumah, murid adaptasi bagaimana belajar dari rumah. “Ini bukan sesuatu yang bisa tiba-tiba lancar,” ucap Nadiem dalam konferensi video Rabu lalu.

Kemdikbud juga belajar:
Pihaknya terus melakukan evaluasi dalam metode belajar berbasis daring ini. “Kami sedang analisis bagaimana membuat belajar lebih menyenangkan. Ini proses pembelajaran bersama,” katanya.

Belajar dengan daring, kata dia, masih jauh dari kata sempurna.
Menurut dia, sangat sulit mewujdukan sesuatu yang disebut sempurna pada masa ini.

Dia menyadari hal itu. Dan tidak mungkin kualitas pembelajaran sama seperti di sekolah (tatap muka, red) saat ada krisis ini. “Yang jelas kita semua tetap bersabar,” ucap Mendikbud. (sa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here