Beranda Wisata Beberapa Destinasi Wisata Cianjur Selatan dan Utara

Beberapa Destinasi Wisata Cianjur Selatan dan Utara

410
0
Pantai Jayanti

JCS – Kabupaten Cianjur merupakan daerah yang memiliki daerah pegunungan namun di bagian selatan merupakan daerah pesisir. Cianjur Selatan sendiri banyak pesona yang indah meski belum tertata dengan baik

Berikut ini adalah beberapa obyek wisata di Cianjur selatan maupun Cianjur utara:

Curug Cikondang, Campaka

Curug Cikondang, Campaka

Terletak di desa Sukadana Kecamatan Campaka, salah satu curug cantik di Cianjur selatan ini memang masih sangat asri dan alami. Terlihat dari pohon – pohon hijau yang tinggi menjulang di sekitar lokasi curug.

Meskipun belum banyak mengalami sentuhan dan jalan menuju lokasi curug masih cukup memacu adrenalin. Namun keindahan air yang meluncur terjun dari ketinggian 50 meter ini begitu menawan dan tentu sangat sayang dilewatkan terutama bagi para pecinta selfi.

Pantai Jayanti

Laut Jayanti Cidaun

Pantai Jayanti, sebuah pantai yang berada di wilayah Cianjur selatan, lebih tepatnya beralamat di desa Cidamar kecamatan Cidaun Cianjur. Seperti halnya pantai yang berada di pesisir selatan pulau jawa lainnya, ombak di pantai Jayanti cukup besar.

Karenanya pengunjung hanya bisa bermain pasir, dan juga ada hamparan batu karang di sudut pantai yang menambah pesona yang dimiliki pantai Cianjur selatan ini.

Selain itu di pantai Jayanti pengunjung bisa menikmati keindahan matahari saat terbenam di saat senja. Di sekitar pantai ada dermaga tempat kapal nelayan bersandar ketika tidak sedang melaut yang bisa jadi background foto yang menarik.

Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara

Destinasi wisata menarik lainnya yang juga sayang untuk dilewatkan dari kota Cianjur ialah Taman Bunga Nusantara.

Agrowisata yang ada di kabupaten Cianjur ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap dengan koleksi bunga dan juga tanaman yang tak hanya dari dalam negeri saja membuat Taman Bunga Nusantara sangat cocok dijadikan sebagai wisata edukatif.

Berdiri di tanah seluas 35 dengan keragaman bunga yang ditata sedemikian cantik membuat taman bunga ini tak hanya luas namun sangat cantik. Saking cantiknya tak jarang banyak para pasangan menggunakan tempat ini sebagai backgroubd foto pre weding mereka.

Curug Ngebul

Curug Ngebul

Salah satu curug cantik yang ada di wilayah Cianjur selatan ini masih sangat murni alias belum banyak dikunjungi para pemburu wisata.

Hal ini karena jalan menuju curug Ngebul cukup menguras tenaga. Karena letaknya yang masih tersembunyi di antara hutan dan juga perasawahan.

Pengunjung diharuskan berjalan kaki dari tempat parkir ke lokasi utama curug sekitar 45 menit, namun perjuangan tersebut tak akan sia-sia saat menyaksikan keindahan curug dari dekat. Begitu mempesona.

Kebun Raya Cibodas

Kebun Raya Cibodas

Sebuah kebun raya yang masih memiliki keterikatan dengan kebun Raya Bogor, Kebun Raya Cibodas juga memiliki daya tarik yang tak kalah jauh. Berdiri sejak tahun 1866 kebun ini didirikan di atas lahan berbukit yang berada di ketinggian 1.400 meter di atas permukaan laut.

Kebun indah, asri nan sejuk ini dibangun oleh seorang berkebangsaan Belanda di jaman kolonial Belanda, Johannes Elias Teijsmann sebagai bagian dari kebn Raya Bogor.

Pengunjung akan menikmati beragam koleksi tanaman baik yang masih baru atau yang berusia ratusan tahun. Di area kebun raya juga ada air terjunnya dan kebun bunga sakura serta danau cantik yang sayang dilewatkan.

Sungai Cikundul

Sungai Cikundul

Di Cianjur, selain dapat menikmati keindahan alam, para pengunjung juga bisa mencoba satu wisata ekstrim yakni arung jeram. Sungai Cikundul di Cianjur sudah begitu dikenal para peminat olah raga ekstrim arung jeram.

Di sana, selain airnya yang jernih arus di sungai ini bahkan telah diakui dan masuk dalam daftar sungai dengan jeram grade 3. Kondisi itu setidaknya akan cukup menarik minat bagi pecinta olah raga ekstrim tersebut. Ditambah pemandangan di sekitar sungai yang masih murni dan asri tentu akan semakin memanjakan mata.

Gunung Padang

Gunung Padang

Masuk desa Karyamukti Kecamatan Campaka Cianjur, terdapat Gunung Padang. Gunung Padang adalah sebuah situs megalitikum yang begitu menarik untuk dikunjungi. Gunung Padang tadinya hanya berupa gundukan tanah hingga para peneliti menguak keberadaannya yang merupakan sebuah situs buatan manusia.

Misteri yang hingga kini masih terus digali kebenarannya membuat banyak pelancong berbondong – bondong menyaksikan tempat ini lebih dekat.

Curug Citambur

Curug Citambur

Selanjutnya tempat yang menarik untuk dikunjungi di Wilayah Cianjur selatan, Curug Citambur. Berada di desa Karang kecamatan Pasir Kuda, curug Citambur maaih begitu murni dan belum banyak sentuhan sehingga membuatnya yerasa sangat alami.

Air yang jatuh dari ketinggian kurang lebih 100 meter membuat air terjun di curug Citambur jatuh dengan begitu kerasnya sehingga menimbulkan suara yang begitu keras. Dan menurut cerita warga masyarakat sekitar dari situlah asal mula penamaan Citambur tersebut.

Apra, Sereg dan Lugina

Pantai Lugina Agrabinta

Cianjur selatan yang merupakan wilayah pesisir, memang selain pantai Jayanti juga ada pantai Apra di Sindang Barang. Lugina di Agrabinta dan Apra di Sindangbarang.

Tak jauh berbeda dengan pantai Jayanti yang berombak besar karena memang berada persis menghadap samudra Hindia.

Keaslian pantainya yang belum dikelola maksimal membuat wisata ini bisa jadi pilihan murah meriah untuk menghabiskan waktu bersama di akhir pekan.

Meski demikian pantai tetaplah memiliki daya tarik yang luar biasa, termasuk pantai Apra, Sereg dan Lugina Agra.

Danau Leuwi Soro

Satu lagi tempat menghilangkan penat di Cianjur, yaitu dengan menikmati Danau Leuwi Soro di Pagelaran. Air terjunnya yang memiliki pesona yang menerik banyak pelancong. Jadi di Kecamatan Pagelaralah danau cantik yang memiliki keindahan yang memukau bikin betah.

Lokasinya sendiri sekitar 66 km dari pusat kota Cianjur ini lebih tepat disebut rawa, karena tidak terlalu dalam. Meski demikian tetap saja menarik dikunjungi sebagai alternatif wisata keluarga yang murah dan terjangkau.

Cianjur sebagai salah satu wilayah administratif Propinsi Jawa Barat memang memiliki banyak potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Hanya saja masih perlu perhatian lebih dari pemerintah setempat agar aksesnya menjadi lebih maksimal dan para pelancong lebih mudah menemukan spot menarik terutama di Cianur Selatan. (rus/sa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here