Beranda Ekonomi & Pertanian Ayo Tanam Hidroponik

Ayo Tanam Hidroponik

43
0

JCS – Hidroponik adalah teknik bercocok tanam tanpa media tanah dan menggunakan air. Meski demikian, memiliki tanaman hidroponik tidak membutuhkan banyak air seperti saat menanam menggunakan media tanah. Tanaman hidroponik cocok bagi kamu yang ingin menghemat air, atau tinggal di daerah yang tidak memiliki banyak pasokan air.

Bukan hanya membuat tanam vertikal membuat kebun berisi tanaman hidroponik pun tidak sesulit yang dibayangkan. Bahan-bahannya mudah ditemukan di pasaran, misalnya saja paralon dan gelas plastik.

Untuk kamu yang tertarik, langsung saja simak cara yang akan kami jelaskan berikut ini!

Mempersiapkan alat dan bahan untuk kebun tanam hidroponik:
Untuk membuat kebun tanaman hidroponik, kamu membutuhkan pipa paralon dengan diameter 3 inci, gelas plastik, penyambung paralon, penutup paralon, gergaji, selang, pompa aquarium, alat solder, alat bor, air, spons, dan biji tanaman hidroponik.

Melubangi pipa paralon untuk tanaman hidroponik:
Gunakan bor untuk membuat lubang di sepanjang pipa paralon yang sudah disiapkan untuk tanaman hidroponik.

Sesuaikan lubang pipa dengan ukuran gelas plastik yang akan kamu gunakan. Sebaiknya, beri jarak antar lubang sekitar 20 cm agar tanaman tidak saling terjepit.

Kemudian melubangi gelas plastik untuk tanaman hidroponik. Alat untuk mempermudah kamu dalam proses ini adalah alat solder. Jika kamu tidak memilikinya, lubangi saja dengan cutter atau pisau.

Terus gunakan selang dan pompa air untuk mengairi tanaman hidroponik yang akan kamu tanaman nantinya. Caranya kerjanya akan mirip dengan sistem irigasi. Ini berlaku jika kamu menerapkan hidroponik dengan teknik drip system.

Setelah itu, saatnya kamu meletakkan bibit tanaman hidroponik. Siapkan spons yang sudah dipotong seukuran gelas plastik, kemudian letakkan bibit tanaman di atasnya.

Memberikan nutrisi pada tanaman hidroponik:
Agar tanaman hidroponik bisa tumbuh dengan subur, kamu perlu memberikan larutan nutrisi secara rutin.

Tanaman yang cocok untuk kebun tanaman hidroponik:
Tidak semua tanaman bisa tumbuh subur dengan cara hidroponik. Umumnya yang sering ditana ditanam secara hidroponik adalah sayur dan buah. Diantaranya sawi hijau, kailan, selada hijau, buncis, pare, pokcoy, bayam, dan stroberi.

Dengan memiliki kebun tanaman hidroponik kamu bisa memanen sayur sendiri yang pastinya lebih sehat karena tidak menggunakan pestisida.

Kantong aman, tubuh sehat! Jadi, kapan mau mulai membuat kebun tanaman hidroponik sendiri? (rus) (sumber: dekoruma.com).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here