Beranda Pilkada Anggaran Pilkada Cianjur harus Cepat Cair

Anggaran Pilkada Cianjur harus Cepat Cair

57
0

JCS – Tugas para pejuang demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Cianjur 2020 sangat berat, apalagi suasana Covid-19.

Jajaran Komisi Pemilihan Umum (KPU) Cianjur pun telah dan akan melakukan verifikasi faktual dokumen dukungan bakal pasangan calon perseorangan. Kegiatan tersebut dilakukan melalui adhoc di tingkat desa atau panitia pemungutan suara (PPS) sampai 12 Juli.

Tambahan anggaran jangan telat cair:
KPU Cianjur berharap tambahan anggaran untuk penyelenggaraan Pilkada Cianjur 2020 harus dipercepat mengingat pelaksanaannya sudah mepet.

Untuk itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Cianjur Shelly Nurdinah meminta Pemkab Cianjur agar segera mencairkan anggaran tambahan dana hibah.

“Anggaran itu harus segera diproses karena tahapannya sudah berjalan,” pinta Shelly, Minggu (28/6/2020).

Menurut Shelly, pihaknya telah menghitung jumlah tempat pemungutan suara (TPS), 1.037. Sesuai anggaran awal yang diutuhkan dan terkait protokol kesehatan sekitar Rp 14 miliar, karena suasana pilkada tahun ini berbeda dengan tahun lalu,
Maka KPU mengusulkan penambahan anggaran untuk di masing-masing TPS, sekitar Rp 4 miliar.
“Jadi jumlahnya bertambah menjadi 4.986 TPS atau 500 pemilih di setiap TPS,” kata Shelly.

Untuk kebutuhan logistik alat pelindung diri (APD), sekitar Rp 9 miliar. Karena nanti, menurut Shelly, semua petugas di TPS atau di lapangan akan difasilitasi protokol kesehatan seperti masker, hand sanitizer, sarung tangan, pelindung wajah dan lainnya. “Petugas kami di di lapangan harus menerapkan protokol kesehatan,” tuturnya.

KPU Cianjur telah menghitung kebutuhan tersebut, jika kebutuhan secara efesien, anggarannya sekitar Rp 3,1 miliar. Oleh karena itu, KPU mengusulkan penambahan anggaran sekitar Rp 11 miliar.

Ketua KPU menyebut anggaran bersumber dari APBD Kabupaten Cianjur hanya Rp 8,6 miliar, kekurangannya sekitar Rp 2,5 miliar. “Kekurangannya akan diajukan Pemkab Cianjur ke APBN,” ujarnya. (sa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here