Beranda Religi Amalan saat Hujan Lebat

Amalan saat Hujan Lebat

30
0

JCS – Lebatnya hujan memunculkan dampak di beberapa wilayah seperti banjir dan longsor di Leles. Terkait hal itu, Islam sebenarnya sudah mengajarkan amalan-amalan agar hujan yang turun menjadi rahmat bagi manusia.

Hal ini dicontohkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dalam kitab Al Umm karya Imam Syafi’i. Di mana, hujan adalah salah satu waktu yang mustajab untuk berdoa.

Nabi Muhammad bersabda, “Carilah doa yang dikabulkan, yaitu ketika bertemunya dua pasukan, waktu ikamah, serta ketika turunnya hujan.”

Imam an-Nawawi juga mengatakan, bahwa doa pada saat hujan tidak ditolak atau jarang ditolak karena pada saat itu tengah turun rahmat, khususnya curahan hujan pertama di awal musim.  Berikut ini sejumlah doa yang bisa dibaca tatkala hujan turun:

Doa ketika turun hujan

اللَّهُمَّ صَيِّبًا نَافِعًا

“Allahumma shayyiban nafi’an. (Ya Allah, curahkanlah air hujan yang bermanfaat).” (HR Bukhari dari Aisyah RA).

Ketika takut bahaya hujan lebat, dianjurkan membaca doa ini:

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا ، اللَّهُمَّ عَلَى الآكَامِ وَالظِّرَابِ ، وَبُطُونِ الأَوْدِيَةِ ، وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ

“Allahumma hawalaina wala ‘alaina, Allahumma ‘alal akami wa adhirabi, wa buthunil auwdiyati, wamanabitisyajari.  Yang artinya : “Ya Allah turunkan hujan ini di sekitar kami jangan di atas kami. Ya Allah curahkanlah hujan ini di atas bukit-bukit, di hutan-hutan lebat, di gunung-gunung kecil, di lembah-lembah, dan tempat-tempat tumbuhnya pepohonan.” (HR Bukhari Muslim)

Sementara doa setelah turun hujan:

مُطِرْنَا بِفَضْلِ اللـهِ ورَحْمَتِهِ

“Muthirnaa bifadhlillahi wa rahmatihi.”  Yang artinya: “Diturunkan kepada kami hujan berkat anugerah Allah dan rahmat-Nya.” (HR Bukhari). Wallahu a’lam. *

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here