Beranda Religi Al-Qur’an sebagai Pedoman Hidup

Al-Qur’an sebagai Pedoman Hidup

92
0

JCS – Ketika ayat al-Qur’an diturunkan, manusia terbagi menjadi dua golongan. Ada yang menerima kebenaran al-Qur’an dan ada yang menentang serta mendustakannya. Orang-orang yang beriman dan menerima kebenaran al-Qur’an juga terbagi ke dalam beberapa golongan. Di antaranya mereka yang menerima al-Qur’an dengan penuh keimanan, seraya mengamalkan isi kandungannya dalam kehidupan sehari-hari. Mereka itulah yang dipilih Allah untuk menerima petunjuk-Nya. Namun, ada pula orang yang mengaku beriman kepada al-Qur’an, tapi tidak mau mengamalkannya, sehingga perilakunya sama sekali tidak mencerminkan keimanannya kepada kitab suci tersebut.

Dalam surah al-Fatir ayat 82 menegaskan bahwa orang yang beriman kepada al-Qur’an dan mengamalkannya, mereka itu memiliki perilaku terpuji dalam kehidupannya. Akhlak mereka mencerminkan keimanannya kepada kitab al-Qur’an dan selaras dengan isi kandungannya.

Selain itu, mereka kelak diberi tempat yang sangat indah dan menyenangkan, yaitu surga. Surga adalah tempat yang disedikan Allah bagi orang-orang yang beriman dan beramal salih. Di sanalah mereka hidup dengan damai dan penuh kebahagiaan. Karena orang-orang seperti itu selama di dunia berucap, tindakan, dan perbuatannya selalu berusaha berdasarkan petunjuk al-Qur’an.
Orang-orang yang demikian juga punya sikap hati-hati, menghindari sikap buruk dan selalu berusaha bersikap adil dan jujur.

Hidupnya tak pernah berhenti berbuat kebaikan kepada sesama manusia dan kepada Allah SWT. Jiwanya bergejolak jika melihat orang lain banyak berbuat kebaikan dan segera menyusulnya melakukan perbuatan baik yang sama.

Dan apapun yang dilakukannya tidak mempunyai tujuan lain, selain hanya ingin mendapatkan rida dan karunia Allah, tidak berharap pujian dan imbalan dari manusia atau perbuatan baiknya, tidak juga karena ingin disebut orang baik, melainkan agar hidupnya tidak jauh dari karunia Allah.

Al-Qur’an Pedoman Hidup:

Sahabat hijrah, kehidupan di dunia ini tak ubahnya mengarungi samudra, banyak tantangan dan hambatan yang akan ditemui. Ombak dan badai menghadang batu karang menantang, cuaca buruk datang tanpa diundang, wabah penyakit semakin membingungkan semua, begitulah sederetan tantangan yang sedang dan akan dihadapi.
Oleh sebab itu, manusia membutuhkan pedoman sebagai penentu arah dan tujuan agar dapat mengarungi samudra kehidupan dengan baik dan selamat. Pedoman yang paling tepat dan akurat adalah al-Qur’an, sebab di dalamnya terdapat petunjuk dan penjelasan yang nyata dari Allah SWT sang pemilik kehidupan. Wallahu a’lam.*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here