Beranda Bencana Akses Jalan Cibinong-Sindangbarang Terhalang Longsor

Akses Jalan Cibinong-Sindangbarang Terhalang Longsor

103
0

JCS – Dalam tiga hari ini intensitas hujan terus mengguyur wilayah Cianjur selatan, akibatnya ruas-ruas jalan banyak yang terhalang oleh tanah tebing dan bebatuan. Salah satunya terjadi di ruas jalan Cianjur selatan, tepatnya di Kampung Cipalasari, Desa Sukajadi Kabupaten Cianjur, Rabu (20/5/2020) sore. Di sana, tebing diperkirakan setinggi 30 meter menutup badan jalan lintas provinsi, sehingga tidak bisa dilalui semua jenis kendaraan dari kedua arah.
Peristiwa longsor tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, namun material longsor berupa tanah, bebatuan dan batang pohon menutup badan jalan.

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Cianjur Mokhamad Irfan Sofyan mengatakan, meterial longsor yang menutup jalan tersebut cukup besar.

“Sebelum longsor memang terjadi hujan lebat sekitar dua jam,” kata Irfan saat dihubungi, Rabu malam.

Untuk mengatasi jalan yang tertimpa longsoran tanah, ada upaya dari petugas gabungan dan warga setempat.
“Tadi petang hingga malam, petugas gabungan dari Retana BPBD, TNI/Polri, dari pemerintah setempat dan warga bekerja untuk membersihkan badan jalan dari material dan puing-puing longsor,” terang Irfan.

Hingga Rabu malan, ruas jalan Cibinong-Sindangbarang, dekat Curug Sawer tersebut belum bisa dilalui kendaraan, baik roda maupun mobil.
Untuk mengatasi peristiwa longsor dan jalan agar kembali normal, setidaknya membutuhkan alat berat, yaitu dari kantor jaga PU Porvinsi di Cicaringin Desa Sukarame Kecamatan Sukanagara. (ziz)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here