Beranda Editorial Akhir Sebuah Perjuangan RUU KPK?

Akhir Sebuah Perjuangan RUU KPK?

103
0
Aksi Mahasiswa Berdemo

JCS – Aksi (demonstrasi massa) mahaiswa dan pelajar soal RUU KPK sudah digelorakan ke DPR. Itu sejak Senin, Selasa, Rabu (25/9/2019).

Desakan mahasiswa di sejumlah daerah, setidaknya membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus berpikir matang-matang alias mempertimbangkan tuntutan mahasiswa tersebut. Jokowi ditekan mahasiswa untuk menerbitkan peraturan pengganti UU (Perpu)) guna mencabut UU KPK hasil revisi.

Sebelumnya, aksi mahasiswa dilakukan sejak Senin hingga Selasa (24/9/2019) yang berujung ricuh. Tidak hanya ricuh tapi menimbulkan banyak korban luka. Rasa sakit di tubuh mereka tentu bukan dialami para mahasiswa, tapi juga dialami oleh sejumlah anggota polisi karena benturan fisik dan benda tumpul.
Meski begitu, tak menggoyang keputusan Jokowi. Bahkan Menteri Hukum dan HAM Yosanna Laoly, mengatakan, Jokowi tetap menolak mengeluarkan Perpu.

Peresiden, sambung Yosanna, meminta massa penolakan UU KPK lebih baik menempuh uji materi di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kan sudah saya bilang, sudah presiden bilang, gunakan mekanisme konstitusi. Lewat MK dong. Masa kita main paksa-paksa. Sudahlah,” kata Yosanna di komplek Istana Presiden, Jakarta, Rabu (25/9/2019) dikutif dari Kompas.com, Jumat (27/9/2019). (tas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here