PUPR Bangun Sistem Drainase di Jalan Lintas Selatan -->

Advertisement

PUPR Bangun Sistem Drainase di Jalan Lintas Selatan

Jumat, 18 Maret 2022


JCS - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus melakukan upaya peningkatan kualitas jalan, salah satunya melalui pembenahan drainase sebagai bagian yang tidak terpisahkan dari ruas jalan.


Keberadaan drainase jalan yang terhubung dengan sistem drainase kawasan atau lingkungan sangat penting untuk menghindari terjadinya genangan dan memperpanjang usia layanan jalan. 

Itu di jalan lintas selatan wilayah Desa Jatisari dan Kertasari Kecamatan Cindangbarang, Rabu 16 Maret.


Salah satu program infrastruktur PUPR tahun 2022 adalah pembenahan drainase jalan nasional secara masif.


Pelaksana lapangan wilayan selatan, Jae menjelaskan, untuk melaksanakan program tersebut Direktorat Jenderal Bina Marga tengah menyusun desain program tersebut. Pembangunan drainase jalan yang tersambung dengan drainase kawasan atau lingkungan sangat penting untuk menghindari terjadinya genangan pada ruas jalan. Hal tersebut, lanjutnya, karena drainase jalan pada masa lalu dibuat hanya di sisi jalan, serta belum terhubung sampai pembuatan saluran air akhir.


Keberadaan drainase jalan yang terhubung dengan sistem drainase kawasan atau lingkungan selain sangat penting untuk menghindari terjadinya genangan, juga bermanfaat guna memperpanjang usia layanan jalan. (**)