Petani Milenial Kp. Cilimus Siap Tanam Padi Varietas Baru -->

Advertisement

Petani Milenial Kp. Cilimus Siap Tanam Padi Varietas Baru

Kamis, 03 Maret 2022

 


JCS - Petani milenial, Andi dan Yiyi tengah membajak sawah di kampung Cilimus Desa Nagasari Kecamatan Leles, Selasa 3 Maret 2022. Andi mengaku bersiap tanam benih begol pada morekat atau tanam kedua. Tebar benih padi di salah satu lahan. Tapi sawah harus dipersiapkan seperti dibajak menggunakan mesin traktor.


Terkait itu, budidaya tanaman padi, tumbuh masalah baru, namun sudah turun-temurun, nudidaya tanaman padi yang biasa dilakukan oleh para petani yaitu menggunakan varietas lokal atau varietas padi unggul baru seperti begol, cikawasen, Inpari 32, 39, 42 atau varietas yang sudah lama yaitu Varietas Ciherang, Sinta Nur, dll.


Padi merupakan salah satu komoditas pangan yang penting dan menyangkut kepentingan nasional dimana padi/beras merupakan bahan makanan pokok bagi sebagian besar penduduk Indonesia. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah diantaranya melalui peningkatan ketahanan pangan sebagai salah satu program revitalisasi pertanian, khususnya ketersedian pangan berupa padi/beras yang cukup.


Produktivitas dan produksi padi yang dibudidayakan oleh petani masih rata-rata 3,5-4,5 ton/Ha, dari varietas lokal, yaitu varietas padi yang dihasilkan oleh petani sendiri dari varietas-varietas sebelumnya diperbanyak. Sedangkan benih padi dari varietas unggul baru adalah varietas yang sudah terseleksi tentang produksinya, ketahanan terhadap serangan hama penyakit dengan produksi rata-rata 5,5-7 ton/Ha. (**)