Kasi PPM Kec. Cibinong, Sasli Ayi MA Hadiri Musrenbang RKPD 2023 Kab. Cianjur -->

Advertisement

Kasi PPM Kec. Cibinong, Sasli Ayi MA Hadiri Musrenbang RKPD 2023 Kab. Cianjur

Rabu, 16 Maret 2022



JCS - Kepala Seksi Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Cibinong, Sasli Ayi Mukhalid Anwar S.Pd., MM mengadiri Musrenbang RKPD 2023 tingkat Kabupaten Cianjur di Kecamatan Cibinong, Rabu 16 Juli 2022.


Hadir pejabat dari Kabupaten Cianjur yang membuka musrenbang tersebut, camat, para kasi, para kades, forkopimcam dan lainnya.




Kasi PPM Cibinong menyampaikan musrenbang yang dilaksanakan pada hari ini pada hakikatnya untuk membahas dan menyepakati secara objektif hasil-hasil Musrenbang pada tingkat desa yang akan menjadi usulan prioritas pemerintah kecamatan ke tingkat Kabupaten Cianjur.


“Rumusan arah kebijakan pembangunan tahun 2023 sebagaimana yang disesuaikan dalam RPJMD adalah percepatan penguatan daya saing daerah melalui perkebunan, ekonomi, dan infrastruktur wilayah serta kapabilitas pengelolaan pemerintahan berbasis digital dan aspek pembangunan strategis lainnya.


“Secara umum harus kita akui bahwa banyak kendala yang akan kita temui di dalam penetapan prioritas program pembangunan yaitu tingkat kesenjangan antara anggaran yang tersedia dengan kebutuhan pembangunan yang sangat dinamis. Untuk menyikapi ini maka perlu dilakukan penajaman perencanaan yang terukur untuk memenuhi tuntutan pembangunan di setiap wilayah Kecamatan”.


Keterlibatan atau partisipasi semua pihak sangat mempengaruhi keberhasilan pencapaian pelaksanaan program pembangunan. Partisipasi semua pihak dimulai dari proses perencanaan, pelaksanaan pembangunan itu sendiri, bahkan lebih jauh lagi adanya partisipasi dalam memelihara hasil-hasil pembangunan,” ujarnya.


“Melalui forum Musrenbang ini kita bersama-sama mencari solusi terhadap permasalahan yang kita hadapi, memberikan masukan, saran, dan pendapat yang konstruktif bagi pembangunan di tahun 2023,” ujarnya. (*