Jalan Utama Provinsi Makin Parah -->

Advertisement

Jalan Utama Provinsi Makin Parah

Minggu, 13 Maret 2022

 


JCS - Beginilah kondisi tanjakan Cigombong Kecamatan Tanggeung Cianjur selatan. Kalau dari arah Tanggeung menurun, sebaliknya dari arah Pagelaran menanjak. Dari pantauan JCS, Sabtu 12 Maret di ruas jalan Provinsi Jabar di titik wilayah Tanggeung masih bisa dilewati kendaraan-kendaraan roda dua dan empat. Namun lebih riskan terjadi kecelakaan terutama mobil besar seperti truk bermuatan barang dan mobil pengangkut BBM ke SPBU wilayah selatan karena selain potensi amblas juga berlubang.


Kerusakan di jalan selatan bukan hanya wilayah Tanggeung, terlihat pula dari Cibinong ke Sindangbarang. Pengendara dari Leles biasa lewat Sindangbarang kini memilih jalan Tangkil-Patrol karena jika lewat Sindangbarang lebih jauh dan rusak. 



Di ruas jalan berlubang dan digenangi air keruh kerap ditanam pohon pisang dan giat mancing warga, sebagai tanda mengingatkan Pemprov Jabar agar jalan ini segera direhabilitasi.


DPRD Cianjur pun telah menyampaikan keluhan masyarakat kepada Dinas Bina Marga, Bappeda dan Dishub Provinsi Jabar agar melakukan aksi perbaikan di tahun ini. Minimal di titik titik yang parah dan yang sering terjadi kecelakaan seperti tanjakan Gombong Tanggeung. Karena itu, dinas terkait agar segera  melakukan perbaikan tahun 2022, meski rencana rekonstruksi jalan provinsi dari Pasir Hayam-Sindangbarang itu pada tahun 2023. (**)