Waspada Dampak Curah Hujan Tiga Hari ke Depan -->

Advertisement

Waspada Dampak Curah Hujan Tiga Hari ke Depan

Sabtu, 27 Februari 2021


JCS - Dalam tiga hari ke depan curah hujan berpotensi masih tinggi terutama di wilayah Jabodetabek. Demkian disampaikan Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Fachri Rajab dalam rilisnya diterima wartawan, Jumat kemarin.


Perubahan cuaca ini tentunya mengingatkan warga Jabodetabek atau bagi Anda yang masuk wilayah tersebut. Menurutnya, tingginya curah hujan juga dipengaruhi periode La Nina, yang masih berlangsung di seluruh wilayah Indonesia, termasuk Jabodetabek. "Dengan adanya La Nina ini, intensitas hujan akan semakin meningkat," ujarnya.


BMKG, kata dia, selalu mengukur curah hujan dalam 24 jam terakhir. Hasilnya, memang selalu ada peningkatan. Khususnya di Manado dan Kalimantan Selatan yang curah hujannya bisa mencapai 250 mm per hari.


Ketika ditanya intensitas dan curah hujan di Jakarta yang sama, ia menampiknya. Menurut Fachri, curah hujan di Jabodetabek memang selalu bertambah akhir-akhir ini, namun, masih jauh jika dibandingkan dengan dua lokasi sebelumnya.


"Jakarta sejauh ini (curah hujannya) belum ada yang mencapai seperti itu (Kalsel dan Manado)," katanya.


Dalam 24 jam terakhir, curah hujan tertinggi di DKI Jakarta ia sebut ada di Tanjung Priok, sekitar 81 mm. Dan disusul Cengkareng, sekitar 58 mm.


"Masih di bawah seratus," ucapnya. (Hn)