Tips Penting Menghilangkan Kebiasaan Buruk -->

Advertisement

Tips Penting Menghilangkan Kebiasaan Buruk

Jumat, 12 Februari 2021



JCS - Kita tahu bahwa menyingkirkan kebiasaan buruk adalah hal yang sulit dilakukan karena sudah menjadi bagian dari rutinitas dan kadang bahkan kepribadian. Namun, alangkah baiknya jika secara rutin kita merenungkan dan melakukan perubahan untuk menyingkirkan kebiasaan buruk tersebut demi menjadi pribadi lebih baik. 


Inilah beberapa tips yang dapat membantu Anda berhasil mengubah kebiasaan buruk tersebut. 


Tekad bulat


Nabi Muhammad ﷺ mengatakan,


“Setiap perbuatan hanya sah dengan niat dan setiap orang akan mendapatkan imbalan sesuai dengan niatnya”. [HR. Bukhari dan Muslim]


Tak ada usaha yang akan berhasil tanpa pertolongan Allah. Berdoa dan memohonlah kepada Allah untuk membimbing kita agar berhasil dalam mengubah kebiasaan buruk. Allah mengetahui apa yang ada di dalam hati setiap orang dan seberapa kuat tekad kita untuk memperbaiki diri. 


Perencanaan untuk mengubah kebiasaan buruk


Perencanaan ini termasuk juga berbagai alasan untuk berubah dan bagaimana kita ingin melakukannya. Pertimbangkan juga berbagai halangan yang dihadapi dan dukungan dari sekitar kita untuk membantu mewujudkan rencana tersebut. 


Hindari berbagai pemicu


Akan lebih mudah bagi kita untuk menyingkirkan kebiasaan buruk dengan menghindari berbagai hal yang dapat memicunya. Kenali berbagai pemicu tersebut dan gantilah dengan berbagai hal yang lebih positif. Misalnya, saat sedang berada di tengah orang-orang yang sedang berghibah, kita bisa meminta izin undur diri dengan sopan dan pergi dari situ.


Mengganti kebiasaan buruk dengan yang lebih baik


Kita bisa mengganti kebiasaan buruk dengan kebiasaan baru yang juga dapat memenuhi kebutuhan dan manfaat yang serupa. Namun tentunya lebih baik. Misalnya, daripada mengonsumsi makanan tak sehat, kita bisa mulai mencoba menyantap makanan sunnah yang lebih sehat. Contohnya, jika menyukai makanan manis, kita bisa mencoba mengonsumsi makanan manis dan bernutrisi seperti kurma. 


Merubah kebiasaan buruk memang membutuhkan waktu dan usaha. Kita mungkin tak akan langsung dapat segera mengubahnya, tapi juga bukan berarti ini tak akan berhasil. Semoga Allah SWT menerima dan memberkahi usaha kita. Wallahu a'lam*