Tentang Hari Kiamat dan Tanda-Tandanya -->

Advertisement

Tentang Hari Kiamat dan Tanda-Tandanya

Jumat, 26 Februari 2021


JCS - Hari kiamat pasti terjadi. Namun kapan datangnya hari akhir atau hari pembalasan itu hanya Allah Subhanahu wa Ta'ala yang mengetahui. Kendati demikian, Muslim wajib mengimaninya. Sebab, meyakini atau mengimani datangnya hari kiamat merupakan salah satu rukun iman.


Tanda-tanda datangnya kiamat dijelaskan dalam Alquran surah Al A'raf: 187 dan Surat Al Qiyamah ayat 1-15.


Dalam sebuah hadits sahih, disebutkan mengenai datangya Hari kiamat yang terjadi di hari Jumat.


Tanda-tanda Hari Kiamat:


1. Api Keluar dari Tanah Hejaz


ِّDari Az Zuhri; Said bin Al Musayyab mengatakan, telah mengabarkan kepadaku Abu Hurairah bahwasanya Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: "Hari kiamat tidak akan tiba hingga api keluar dari tanah Hejaz yang bisa menyinari tengkuk unta di Bushra." (HR. Bukhari) No. 6585. Shahih.


2. Kebodohan dan Perzinaan Merebak


Dari Anas bin Malik berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: "Sesungguhnya diantara tanda-tanda kiamat adalah sedikitnya ilmu dan merebaknya kebodohan, perzinahan secara terang-terangan, jumlah perempuan yang lebih banyak dan sedikitnya laki-laki, sampai-sampai (perbandingannya) lima puluh perempuan sama dengan hanya satu orang laki-laki. (HR. Bukhari) No. 79. Shahih.


3. Mengikuti Generasi Sebelumnya


Dari Abu Hurairah radliallahu anhu, dari Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda: "Hari kiamat tidak akan terjadi hingga umatku meniru generasi-generasi sebelumnya, sejengkal demi sejengkal, sehasta demi sehasta." Ditanyakan, "Wahai Rasulullah, seperti Persi dan Romawi?" Nabi menjawab: "Manusia mana lagi selain mereka itu?" 


4. Bermegah-megahan Membangun Masjid


5. Tiada Lagi Ucapan Allah


6. Pembunuhan Merajalela


7. Matahari terbit dari Barat


8. Turunnya Nabi Isa As


Imam Bukhari di dalam kitab sahihnya —pada Bab "Zikrul Anbiya" dengan sub judul "Turunnya Nabi Isa ibnu Maryam a.s."— mengatakan: Telah menceritakan kepada kami Ishaq ibnu Ibrahim, kepada kami Ya'qub ibnu Ibrahim, dari Abu Saleh, dari Ibnu Syihab, dari Sa'id ibnul Musayyab, dari Abu Hurairah yang mengatakan bahwa Rasulullah Saw. pernah bersabda: Demi Tuhan yang jiwaku berada di dalam genggaman kekuasaan-Nya, sesungguhnya sudah dekat masa turunnya Ibnu Maryam kepada kalian sebagai hakim yang adil, lalu ia memecahkan salib, membunuh semua babi, dan menghapuskan jizyah serta harta benda menjadi berlimpah hingga tidak ada seseorang yang mau menerimanya, sehingga bersujud baginya lebih baik daripada dunia dan isinya. Kemudian Abu Hurairah mengatakan, "Jika kalian suka, bacalah ayat ini, yaitu firman-Nya: 'Tidak ada seorang pun dari Ahli Kitab kecuali akan beriman kepadanya (Isa) sebelum kematiannya. Dan di hari kiamat nanti Isa itu akan menjadi saksi terhadap mereka' (An-Nisa: 159)." 


Hari Jumat:

Rasulullah SAW bersabda: Telah menceritakan kepada kami Abu Bakr bin Abu Syaibah berkata, telah menceritakan kepada kami Al Husain bin Ali dari ‘Abdurrahman bin Jabir dari Abu Al Asy’ats Ash Shan’ani dari Aus bin Aus ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: Sesungguhnya hari yang paling utama dari hari-hari kalian adalah hari jum’at, pada hari itu Adam diciptakan, sangkakala ditiup dan di hari itu datang hari kiamat. Maka perbanyaklah shalawat kepadaku pada hari itu, sesungguhnya shalawat kalian akan sampai kepadaku. ”

Seorang laki-laki bertanya, “Wahai Rasulullah, bagaimana shalawat kami bisa sampai kepadamu, sementara engkau telah tiada dan jasadmu telah hancur?” Beliau menjawab: “Allah telah mengharamkan bagi bumi untuk makan jasad para Nabi. ” (HR. Ibnu majah).


Dalam Alquran, Allah SWT berfirman:


{وَالْيَوْمِ الْمَوْعُودِ وَشَاهِدٍ وَمَشْهُودٍ}


dan hari yang dijanjikan, dan yang menyaksikan dan yang disaksikan. (Al-Buruj: 2-3). Wallahu a'lam.*