Makan Bareng Sambil Rekreasi di Pantai Cemara -->

Advertisement

Makan Bareng Sambil Rekreasi di Pantai Cemara

Kamis, 11 Februari 2021


JCS - Kabupaten Cianjur memiliki tempat-tempat wisata yang menarik dikunjungi wisatawan. Bahkan ada wisata perawan seperti kawasan pantai Cianjur selatan sehingga hal ini memberikan tantangan tersendiri bagi wisatawan. Salah satunya Pantai Cemara Cidaun.


Sesuai dengan namanya, pantai ini berlokasi di Cidaun, Cianjur Selatan yang memberikan pemandangan yang sangat indah. Bahkan menjadi salah satu tempat liburanmu yang tidak terlupakan ketika berlibur ke pantai yang banyak pohon cemara. Seperti dialami rekan-rekan jurnalis JCS coba menikmati panorama pantai Cemara sekaligus makan bersama.


Di pantai ini terdapat banyak pohon cemara di dataran luas mencapai 13,5 hektar.  Lokasi hutan tersebut barada di pesisir laut selatan.


Keindahan yang ditawarkan oleh Pantai Cemara Cidaun atau Pantai Cemara Cipanglay ini berbeda dengan keindahan yang dimiliki oleh pantai yang lainnya yang terdapat di Cianjur Selatan.


Perbedaan mendasar yang menjadikan Pantai Cemara Cipanglay lebih unik adalah pada bibir pantai terhadap banyak pohon Cemara yang menderet sepanjang bibir pantai. Pohon-pohon Cemara ini kata warga ditanam oleh pemerintah pusat kala itu.


Hal inilah yang memberikan daya tarik tersendiri bagi siapap pun yang datang mengunjungi pantai. Hutan yang ada di pantai ini dikelola oleh warga KTH atau Kelompok Tani Hutan.


Mereka mengelola hutan tersebut langsung di bawah pengawasan dari Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Batat. Lokasi pantai memang cukup indah tapi jalan ke lokasi pantai ada yang rusak sepanjang sekitar 300 meter. 


Dalam masa pandemi saat ini pun tetap banyak dikunjungi wisatawan lokal ke Pantai Cemara, terutama hari Sabtu dan Minggu. Semua pengunjung diwajibkan memakai masker. Semua pengunjung juga selain menerapkan protokol, harus siap diatur para pengatur parkir kendaraan.


Para wisatawan tersebut ada yang berasal dari sekitar Cianjur atau bahkan ada yang rela datang jauh-jauh hanya untuk mengunjungi Pantai Cemara Cipanglay.


Para wisatawan yang berlibur ke sini bisa berfoto dengan pemandangan pohon Cemara. Dengan adanya keberadaan pohon tersebut, para wisatawan bisa mendapatkan sensasi berlibur ke pantai sekaligus mendapatkan sensasi atau suasana berada di hutan.


Banyaknya pepohonan membuat udara sekitar semakin sejuk. Ditambah sejumlah fasilitas bermain di sana. Inilah yang membuat para wisatawan yang datang ke Pantai Cemara Cipanglay tidak ingin cepat pergi.


Mereka rela menghabiskan waktu liburan mereka di sini karena memang pemandangan dan suasana pantainya tidak mengecewakan. Banyak warung-warung, wc dan mushola. Masuknya pun relatif murah.


Meskipun pantai ini masih belum terlalu populer dibandingkan pantai yang lain, namun justru hal ini menjadi kelebihan tersendiri.


Kamu bisa mengunjungi sebuah pantai yang memberikan pemandangan indah. Jadi, kamu bisa mengeksplor pantai ini secara lebih leluasa untuk semakin memberikan kesan terbaik selama berada di pantai Cemara. (Rus)