Jembatan Cibungur Sukabumi-Cianjur Disulap Menjadi Indah -->

Advertisement

Jembatan Cibungur Sukabumi-Cianjur Disulap Menjadi Indah

Selasa, 09 Februari 2021

 


JCS - Masyarakat pengguna jalan atau jembatan Cibungur, khususnya warga Kampung Cibungur, Kecamatan Cidadap, Sukabumi kini merasa lega. Warung-warung di sana juga merasa bahagia karena kondisi jembatan yang membelah Sungai Cibuni ini selesai dibangun.


Masyarakat tak perlu lagi mempertanyakan keseriusan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, memperbaiki jembatan Cibungur karena saat ini sudah disulap menjadi jembatan kokoh.




Histori pembangunan jembatan:

Jembatan Cibungur sudah lama rusak semenjak 1981. Jembatan ini dibangun era Presiden Suharto sekitar 1976 silam. Seiring waktu, kondisi jembatan Cibungur termakan usia dan sangat membahayakan keselamatan jiwa warga. Terutama para pengguna kendaraan roda dua dan empat saat melintasi jembatan disana.


Jembatan Cibungur merupakan satu-satunya jembatan penghubung antara warga Kabupaten Sukabumi bagian selatan dan Kecamatan Cijati Kabupaten Cianjur. Deket ke Kecamatan Kadupandak dan Kecamatan Leles.


Jurnalis JCS sendiri sering melintasi jembatan ini. Kalaupun ada perbaikan hanya bersifat sementara karena hanya mengandalkan uluran warga dibantu pengguna kendaraan roda dua dan empat.


Keberadaan jembatan tidak hanya digunakan kendaraan angkutan jenis mini bus mengangkut warga dari Kadupandak, Cijati dan Leles menuju terminal Jubleg Sukabumi atau Kota Sukabumi dan sebaliknya. Tapi keberadaan jembatan vital kendaraan pengangkut barang kebutuhan pokok warga dan hasil bumi.


Mulai Dibangun:


Sebelumnya, pembangun jembatan yang memiliki panjang 120 meter ini dimulai sejak 10 Juni 2020 lalu. Jembatan yang berada di perbatasan Kabupaten Sukabumi dengan Kecamatan Cijati, Kabupaten Cianjur itu dibangun dengan anggaran yang bersumber dari Bantuan Provinsi (Banprov) tahun 2020 sebesar Rp 30.580.182.000.


Sebelumnya juga, Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Sukabumi menerjunkan UPTD PU Wilayah Jampang Tengah, UPTD PU Wilayah Jampang Kulon, dan UPTD PU Wilayah Sagaranten untuk melakukan persiapan peresmian Jembatan Cibuni.


Akhirnya, jembatan Cibuni yang menjadi penghubung antara Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Cianjur diresmikan pada tanggal 14 Januari 2021. "Sebelum diresmikan kami bersama- sama membersihkan bahu Jalan ruas jalan Baros- Cibuni sepanjang 20 km," ujar Kepala UPTD PU Wilayah V Jampang Tengah, Sudrajat, Kamis lalu.


Menurut dia, UPTD wilayah lainnya juga seperti Sukabumi, Palabuhanratu, Cicurug dan Cibadak membantu persiapan di lapangan. "Alhamdulillah jembatan Cibuni sudah selesai 100 persen, dan sudah diresmikan oleh Bupati Sukabumi pak Marwan Hamami,"  pungkasnya.


Usai dibangun atau setelah diresmikan pemerintah, banyak warga yang berdatangan untuk melihat dari dekat jembatan Cibungur. Seperti mereka berasal dari kampung Ciragil, Cidadap maupun dari daerah Cianjur selatan. Mereka berswafoto dan berucap syukur alhamdulillah. (Tas/Rus)