Vietnam Gagal Menang: Irak Bikin Gol Dramatis -->

Advertisement

Vietnam Gagal Menang: Irak Bikin Gol Dramatis

Rabu, 09 Januari 2019

Irak kontra Vietnam. (AFP/Khaled Desouki)
JCS - Babak penyisihan Grup D Piala Asia 2019 telah mempertandingkan Irak kontra Vietnam. Laga ini berlangsung di Zayed Sport City Stadium, Abu Dhabi, Selasa (8/1/2019) malam WIB.

Irak ingin gol di menit 90 untuk menaklukkan Vietnam. Gol tersebut membuat skor menjadi 3-2 untuk kemenangan Lions of Mesopotamia, sebutan lain timnas Irak.

Vietnam unggul lebih dahulu gara-gara kurang koordinasi antara bek Ali Faez Atiyah dan sang kiper Jalal Hassan. Bola liar mengenai kaki Atiyah dan terciptalah gol bunuh diri di menit ke-24.

Namun, belum sepuluh menit Irak menyamakan kedudukan lewat gol Mohanad Kadhim. The Golden Dragons, sebutan timnas Vietnam unggul lagi pada menit ke-42 lewat Cong Phuong Nguyen.

Bangkit dari turun minum, Irak kembali berhasil menyamakan kedudukan lewat Human Tariq di menit ke-60. Laga berlangsung ketat dan penuh aksi. Saat skor 2-2 sepertinya akan menjadi kesimpulan pertandingan, Irak mendapat hadiah tendangan bebas.

Ali Adnan, bek kiri berusia 25 tahun milik Udinese yang musim ini dipinjamkan ke Atalanta tersebut mencetak gol dengan indah, tapi menyakitkan buat Vietnam. Usai gol Adnan itu, tak lama kemudian wasit Abdulrahman Al-Jassim (Qatar) meniup peluit panjang tanda laga ini bubar. 

Dengan hasil ini, berarti seluruh wakil ASEAN terpaksa menelan kekalahan pada pertandingan pertama penyisihan grup. Sebelumnya, Thailand menyerah 1-4 atas India di Grup A (6/1/2019) dan Filipina takluk 0-1 dari Korea Selatan (7/1/2019).

Untuk laga selanjutnya, 12 Januari 2019, Timnas Vietnam akan bersua Iran di Al Nahyan Stadium, Abu Dhabi. Iran berhasil menggunduli Yaman 5-0 pada laga pertama, yang membuat mereka menduduki puncak klasemen sementara disusul Irak di peringkat kedua, dan Vietnam di urutan ketiga. (tas/rus)