Perangkat Bolt Mobile Wi-Fi Slim Terbaru dari Internux -->

Advertisement

Perangkat Bolt Mobile Wi-Fi Slim Terbaru dari Internux

Selasa, 08 Januari 2019

Perangkat Bolt Mobile Wi-Fi Slim terbaru dari Internux
JCS - Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika resmi menghentikan layanan PT Internux ( Bolt) pada frekuensi 2,3 GHz, 28 Desember 2018 lalu. 

Meski layanan 4G LTE operaotr tersebut telah dihentikan, pengguna modem Bolt masih bisa menggunakan perangkat tersebut dengan kartu SIM operator lain, setelah terlebih dahulu melakukan pembukaan kunci SIM card alias unlock. 

Di situs resminya, Bolt menjelaskan cara untuk melakukan unlock di sejumlah modem besutannya. Namun, tak semua tipe modem bisa langsung di-unlock. Beberapa tipe modem dapat di-unlock dengan memakai software yang disediakan secara resmi oleh Bolt. 

Sejumlah modem lain dibuka dengan software yang mesti dicari sendiri oleh pengguna, atau diistilahkan sebagai 'open market oleh Bolt. 

Sebagian lainnya ada yang sudah datang dalam keadaan unlocked. Ada pula yang tak bisa di-unlock sama sekali, seperti modem jenisHelios (BL100) atau memiliki keterbatasan macam modem/ router tipe Taurus yang hanya mendukung jaringan 4G LTE TDD milik operator seluler Smartfren. 

Khusus untuk tipe modem yang bisa di-unlock sendiri oleh pengguna, Bolt menyediakan instruksi cara melakukannya berikut software yang diperlukan di tautan berikut ini. 

Untuk modem yang bisa di otak-atik sendiri menggunakan software dari Bolt, operator seluler tersebut meminta pelanggan mengikuti petunjuk yang tersedia. 

Sedangkan untuk software unlock yang tersedia di Open Market, pelanggan diharapkan untuk berhati-hati agar perangkat terhindar dari kerusakan. 

Akun Twitter Bolt Care, turut menjelaskan bahwa proses unlock juga bisa dilakukan dengan mengunjungi gerai Bolt Zone yang tersebar di 28 titik. Lokasi Bolt Zone bisa dilihat melalui link berikut. 

Sayangnya, tidak semua tipe modem Bolt bisa di-'unlock' di Bolt Zone.  Sementara itu,  pelanggan Bolt pascabayar maupun prabayar bisa melakukan refund pulsa yang masih tersisa di 25 gerai Bolt di kawasan Jabodetabek dan 5 gerai di Medan. (rus/net)