Libur Tahun Baru, Orang Indonesia Banyak Keluar Negeri -->

Advertisement

Libur Tahun Baru, Orang Indonesia Banyak Keluar Negeri

Rabu, 02 Januari 2019

Sinar X-ray Bandara
JCS - Selasa (1/1/2019) kemarin, Kementerian Perhubungan RI merilis jumlah penumpang pesawat rute internasional mengalami lonjakan yang signifikan, itu bagi mereka yang ingin libur natal dan tahun baru. 

Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Polana B. Pramesti mengatakan, jumlah penumpang berangkat internasional masa libur Natal dan Tahun Baru mencapai 543.827 penumpang. "Atau terjadi kenaikan 8,17 persen dibandingkan tahun sebelumnya," kata Polana dalam siaran persnya.

Sementara itu, total pesawat berangkat dengan rute internasional sebanyak 3.073 flight, atau terjadi kenaikan 3,05 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Data tersebut kata dia, merupakan hasil pantauan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara mulai 20-30 Desember 2018 lalu, atau H-5 dan H5 Natal. 

Dari data itu, Polana menilai ada pergeseran penumpang yang di dominasi oleh banyaknya penerbangan keluar negeri, dan pada masa Natal dan Tahun Baru. "Usai pergantian tahun diprediksi akan ada pergerakan yang signifikan dari jumlah kedatangan dari luar negeri," kata Polana. 

Adapun jumlah penumpang domestik sebanyak 2,73 juta penumpang atau terjadi penurunan sebesar 16,26 persen dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya. (tas/sa)