Ini Alat untuk Menekan Siswa agar Tidak Bolos Sekolah -->

Advertisement

Ini Alat untuk Menekan Siswa agar Tidak Bolos Sekolah

Sabtu, 12 Januari 2019

Sensor optis pada pemindai sidik jari. (THINKSTOCKPHOTOS)
JCS - Untuk mencegah siswa yang malas alias bolos sekolah, salah satu solusinya dengan menerapkan pemindaian sidik jari. Alat yang cukup canggih ini dapat melacak kehadiran siswa seperti yang telah diterapkan di sebuah sekolah di Johor, Malaysia. 

Langkah terbaik ini setelah menguji sistem biometrik pada Oktober 2018, Sekolah Menengah Kebangsaan (SMK/Sekolah Negeri) Bandar Tenggara secara resmi mengimplementasikannya bulan ini dan menjadi sekolah pertama di Johor, Malaysia. 

Dikutip dari Says, Kepala Sekolah SMK Bandar Tenggara Noraini Mohd Noor mengatakan bahwa, "Sejak sistem ini diperkenalkan, KPI (tingkat) kehadiran mencapai 95%." 

Tidak hanya guru yang diberitahu tentang kehadiran siswa setelah mereka memindai jari, orangtua juga dapat memantau keberadaan dan ketepatan waktu anak-anak mereka melalui aplikasi. 

Informasi yang dikumpulkan pemindai sidik jari ini ditautkan dengan aplikasi "Pepatih MySekolah" yang dapat digunakan orang tua setelah mengunduhnya secara gratis di  App Store atau Google Play. "Dari aplikasi, saya bisa melihat jam berapa anak saya tiba di sekolah," komentar salah seorang orangtua.  

Selain kehadiran selama jam sekolah, aplikasi ini juga dapat menampilkan kehadiran siswa dalam kegiatan ekstra kurikuler serta hasil ulangan atau ujian siswa. Tidak hanya para siswa, kedisiplinan waktu dan kehadiran guru dan staf sekolah pun bisa dilacak melalui sistem pemindai sidik jari ini. (tas)