Daftar Modem Bolt yang Bisa di-Unlock -->

Advertisement

Daftar Modem Bolt yang Bisa di-Unlock

Selasa, 08 Januari 2019

Modem Bolt
JCS - Setelah Kementrian Komunikasi dan Informatika resmi mencabut izin penggunaan frekuensi 2,3 GHz PT Internux, 28 Desember lalu, kini Bolt resmi mengentikan layanan internet 4G LTE. 

Meski begitu, bagi para pengguna modem Bolt masih bisa menggunakan perangkatnya dengan beralih ke operator lain dengan cara membuka kunci kartu SIM atau unlock. Bolt telah menyediakan mekanisme unlock menggunakan software resmi yang telah tersedia. 

Dari 16 modem yang bisa di-unlock, ada empat tipe modem yang bisa di-unlock secara resmi dengan software yang dirilis oleh Bolt. Keempat modem tersebut adalah Alva (BL300), Aquila Max (BL1), Arion (PL100), dan Helios G2 (BL500). 

Empat modem di atas hanya mendukung jaringan Smartfren setelah dilakukan unlock. Untuk melihat software dan petunjuk cara melakukan unlock secara mandiri, pengguna bisa mengunjungi situs Bolt. 

Selain itu, modem tipe VEGA (BL3) telah di-unlock oleh Bolt dan mendukung jaringan 4G semua operator seluler. 

Sementara, modem JUNO (MV 005) yang disebut telah di-unlock sebagian, tapi hanya mendukung jaringan 4G Smartfren. 

Beberapa modem juga bisa di-unlock dengan mencari sendiri software yang diperlukan, atau diistilahkan sebagai "open market" oleh Bolt. Artinya, software bisa didapatkan di sumber resmi dari Bolt. 

Namun, bukan dari sumber resmi, Bolt mewanti-wanti pengguna yang memakai software 'open market' untuk berhati-hati agar terhindar dari kerusakan yang bisa menyebabkan perangkat modem mati total. 

Selain secara mandiri, pengguna juga bisa melakukan unlock di gerai Bolt Zone yang tersebar di 28 titik di wilayah Jabodetabek dan Medan. 

Namun, menurut keterangan yang diunggah di akun Twitter Bolt, unlock di gerai hanya berlaku untuk modem yang memang mendapat software unlock resmi dari Bolt, bukan untuk perangkat yang mesti menggunakan software open market. 

Selain melakukan unlock, di gerai Bolt Zone pengguna juga bisa melakukan refund jika masih memiliki saldo pulsa Bolt. 

Daftar lengkap modem Bolt yang bisa di-unlock adalah sebagai berikut: 

Unlock dengan software resmi: 

Alva (BL300) hanya mendukung jaringan Smartfren, Aquila Max (BL1) hanya mendukung jaringan Smartfren, Aprion (PL100) hanya mendukung jaringan Smartfren, dan Helios G2 (BL500) hanya mendukung jaringan Smartfren.

Unlock dengan software tak resmi (open market): 

B315 hanya mendukung jaringan Smartfren, E5776 mendukung semua operator jaringan, 4G Huawei Slim 2 hanya mendukung semua operator jaringan, 4G Huawei Max 2 hanya mendukung semua operator jaringan.

4G Orion hanya mendukung semua operator jaringan, 4G VELA hanya mendukung semua operator jaringan, 4G ZTE MF90 hanya mendukung operator jaringan, dan 4G ZTE HYDRA untuk mendukung operator jaringan 4G. (rus/net)