Tips untuk Mengurangi Tangan Belang saat Naik Motor -->

Advertisement

Tips untuk Mengurangi Tangan Belang saat Naik Motor

Selasa, 18 Desember 2018

Perempuan sedang naik motor. (Istimewa)
Cara mengatasi kulit belang akibat tersengat matahari saat mermotor silahkan baca di bawah ini!

Saat bermotor apalagi perjalanan jauh, tidak memakai sarung tangan dan menggunakan jaket lengan pendek dapat membuat kulit Anda dari ujung jari sampai pergelangan bahu belang.

Tak sedikit para pengendara sepeda motor, lupa akan perlengkapan standar berkendara. Bukan hanya helm, tapi jaket dan sarung tangan pun perlu dipakai. Memakai perlengkapan berkendara, setidaknya bisa mengurangi cedera jika terjadi sesuatu di jalan.

Perlengkapan yang paling dianggap sepele pemotor salah satunya sarung tangan. Padahal, selain bisa mengurangi luka saat terjatuh, penggunaan sarung tangan bisa terhindar kulit belang akibat tersengat panas matahari.

Selain sarung tangan, menggunakan jaket lengan pendek juga dapat membuat kulit dari ujung jari sampai pergelangan bahu terlihat belang. Tentu ini akan mengurangi estetika, terlebih para pengendara perempuan.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan kulit yang sudah terlanjur menghitam dan belang? Dilansir dari berbagai sumber ada tiga cara alami mengatasinya.

1. Tepung Beras dan Kunyit

Tepung beras merupakan bahan alami yang efektif memutihkan kulit, begitu pula dengan kunyit yang kaya antioksidan. Caranya, campurkan 1-2 sendok makan tepung beras dengan satu sendok teh bubuk kunyit atau parutan kunyit dan sedikit susu untuk mengencerkan hingga jadi pasta.
Balurkan sambil di-peeling pada tangan yang belang dan diamkan selama 15 menit. Setelah 15 menit, kemudian bilas dengan air bersih dan sabun wangi untuk menghilangkan bau kunyit.

2. Jus Kentang

Diketahui, kentang memiliki banyak kandungan pati atau tepung, kentang yang dihaluskan dan digosok ke tangan yang gelap juga bisa menjadi bahan pemutih alami yang efektif.

Setelah kentang mentah dihaluskan, balur dan gosok di tangan dan bilas. Kemudian ambil lagi pasta kentang dan bubuhkan sebagai masker di tangan. Biarkan selama 15 menit lalu bilas.

3. Kulit Jeruk dan Susu

Bukan hanya buahnya, kulit jeruk juga mengandung vitamin C yang bekerja menangkal radikal bebas yang merusak sel di kulit. Sementara susu, bisa mengangkat kotoran dengan baik dan merupakan bahan pemutih alami.

Caranya, parut bagian luar kulit jeruk dan tambahkan susu. Campur hingga jadi agak kental. Oles dan gosok perlahan di seluruh bagian tangan yang belang.

Jika pengendara malas melakukan tiga cara tersebut, sebaiknya sebelum berkendara, oleskan hand body lotion terlebih dahulu agar dapat meminimalisir kulit menghitam akibat terpapar sinar matahari. (rus/sa)