Terlibat Narkoba, 90 Persen Polisi Hanya Pemakai -->

Advertisement

Terlibat Narkoba, 90 Persen Polisi Hanya Pemakai

Senin, 31 Desember 2018

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Dedi Prasetyo. (Polri)
JCS - Pengguna atau pemakai narkoba tidak hanya oleh warga sipil tapi ternyata sebagian aparat pun banyak yang suka narkoba. Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menerangkan, sepanjang tahun 2018, anggota yang terlibat kasus narkoba memang meningkat. 

Menurut dia, kebanyakan kasus yang terungkap, anggota kedapatan menjadi pemakai, bukan pengedar. "Bisa dikatakan 90 persen dari yang terlibat dalam penyalahgunaan narkoba itu adalah pengguna," ujar Dedi saat dikonfirmasi, Minggu (30/12/2018). 

Sebelumnya, pada rilis akhir tahun Polri 2018, ada 244 kasus narkoba yang melibatkan polisi. Jumlah itu meningkat 221 persen dari tahun 2017, yakni sebanyak 76 kasus.

Berdasarkan data Direktorat Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri, jumlah aparat Polri yang terlibat narkoba di tahun 2018 ada 328 orang. Terdapat pula anggota TNI yang terlibat narkoba, yakni sebanyak 41 orang.

Dedi menjelaskan, ada beberapa kemungkinan faktor yang menyebabkan peningkatan itu terjadi. Pertama, ada kemungkinan bahwa banyak anggota yang terlibat dalam kasus narkoba. 

Kedua, adanya peningkatan patroli di tubuh Polri. Bidang Profesi dan Pengamanan di tiap Polda melakukan pemeriksaan secara berkala.

Tes urine anggota dilakuakan setiap tiga bulan dan secara acak. "Karena kegiatan propam secara masif dan berkala melakukan pemeriksaan urine terhadap anggota," urai dia.

Selain itu, ada beberapa faktor yang menyebabkan anggota terlibat dalam kasus narkoba. Dedi mencontohkan, dalam penyidikan narkoba ada saja anggota yang ikut terjerumus dalam penyalaggunaan narkoba.

Anggota juga kerap terjerumus karena gaya hidup saat melakukan surveilance kasus narkoba. “Untuk itu, setiap anggota yang terlibat narkoba akan ditindak tegas,” tandas dia. (tas)