Sekjen Koalisi Prabowo-Sandi Minta Bawaslu Awasi Daftar Pemilih Tetap -->

Advertisement

Sekjen Koalisi Prabowo-Sandi Minta Bawaslu Awasi Daftar Pemilih Tetap

Selasa, 11 Desember 2018

Bawaslu (Foto: Harits/Okezone)
JCS - Setelah melakukan pertemuan dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU), Sekertaris Jenderal (Sekjen) Koalisi Adil dan Makmur mendatangi kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu). Maksud kedatangannya, guna membahas terkait permasalahan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang akan ditetapkan pada Sabtu (15/12/2018).

Sekjen DPP Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan, pertemuan dengan anggota komisioner Bawaslu untuk meminta dan berharap peran dari Bawaslu untuk dapat mengawasi terkait isu DPT yang tengah menjadi polemik belakang ini.

"Beberapa hari ke depan ini KPU akan melalukan pleno (untuk) menetapkan DPT sementara menjadi DPT tetap karena hanya satu, dua dan selama ini enggak tetap terus. Masih ada waktu dan karena itu kami berdialog dengan Bawaslu," kata Hinca usai berdialog di kantor Bawaslu, Jakarta, Senin (10/12/2018).

Hinca menuturkan, pada perhelatan pemilihan presiden (Pilpres) 2019 masih ada 31 juta warga yang memiliki hak pilih. Namun, justru tidak masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2019.

"Hal yang paling utama adalah bagaimana agar pemilu ini terutama pemilu semuanya merasakan nyaman riang dan gembira, terutama juga terakhir kali tentang 31 juta DPT yang diajkukan oleh Kemendagri lewat Disdukcapil," ujarnya.

Oleh karena itu, Hinca berharap baik seluruh parpol peserta pemilu, KPU dan juga Bawaslu dapat duduk bersama untuk membahas permasalahan DPT tersebut. "Ujung dari semua itu, agar semuanya enak terlegitmasi baik KPU sebagai penyelenggara pemilu maupun parpol peserta pemilu duduk bersama," kata Hinca. (tas/sa)