Rp 1 Triliun untuk Perbaiki Jalan Rusak di Jabar Selatan -->

Advertisement

Rp 1 Triliun untuk Perbaiki Jalan Rusak di Jabar Selatan

Senin, 17 Desember 2018

Kondisi ruas jalan Jabar selatan yang siap diperbaiki Pemprov Jabar. (Istimewa)
JCS - Ruas jalan Jabar selatan khususnya yang membentang dari Cidaun-Sindangbarang-Agrabinta hingga Sukabumi selatan, kini kondisinya mulai banyak yang rusak. Meski dibeberapa titik badan jalan sedang ditingkatkan alias diperbaiki. 

Seperti pelebaran, mempertebal badan jalan dengan cara dihotmix dan membangun sebuah jembatan antara Sindangbrang-Agrabinta. Kini pengerjaannya gresroot dilakukan oleh pihak pengembang, mengingat ruas jalan ini kerap digunakan oleh masyarakat Cianjur (Jabar) sealatan.

Terkait jalan rusak, Gubernur Jawa Barat Mochamad Ridwan Kamil mengaku masih banyak jalan rusak di Jawa Barat khususnya di Jabar Selatan. Untuk membantu perbaikan jalan di Jabar Selatan pihaknya mendapat bantuan dari pusat hingga hampir Rp 1 triliun dari pemerintah pusat.

"Saya sampaikan satu info, sekarang Jabar Selatan presiden Jokowi menggelontorkan hampir Rp 1 triliun. Bergerak dalam 6 bulan memperbaiki infrastrukstur jalan-jalan di Jabar Selatan yang jelek," kata Ridwan Kamil usai menghadiri sebuah acara Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, belum lama ini.

Kang Emil, sapaan akrabnya, tidak bisa membahas satu per satu atau secara spesifik jalan-jalan rusak yang ada di Jawa Barat. Pasalnya, jumlah tersebut memang banyak namun yang pasti akan segera diperbaiki. 

"Jadi saya tidak akan membahas spesifik, per lokasi. Saya sampaikan ratusan yang masih jelek. Tidak hanya urusan Ciwidey yang jalannya belum maksimal kalau mau dicurhatin banyak sekali," tuturnya.

Dimisalkan Emil, seperti saat dirinya membuka program Jamu (Jalan Mulus) di akun Instagram pribadinya. Terdapat sekitar 16 ribu komentar warga Jabar yang mengeluhkan jalan rusak di Jawa Barat.

Pria berkacamata ini berjanji, dalam waktu lima tahun kepemimpinannya, jalan-jalan jelek tersebut akan diperbaiki dengan sumber anggaran baik dari APBN maupun dari APBD.

"Ketika saya buka program Jamu (Jalan Mulus) di IG, ada 16 ribu yang komen, itu dicatat satu-satu. Suatu hari dalam 5 tahun, semua satu-satu akan saya perbaiki, bisa dari APBN, APBD maupun lainnya," pungkasnya. (tas)