Rangkuman Sains Aneh Selama 2018 -->

Advertisement

Rangkuman Sains Aneh Selama 2018

Jumat, 28 Desember 2018

Awan aneh menggulung di langit Richmond, Virginia. (Twitter/@amandacreger)
JCS - Tahun 2018 akan berganti dalam hitungan hari. Selama setahun belakangan, banyak kejadian sains aneh yang terdengar. Termasuk suara dentuman gaib di Cianjur selatan.

Pada dasarnya, ada banyak sekali cerita-cerita sains unik di luar sana. Melansir dari beberapa sumber, JCS hanya memilih lima cerita yang benar-benar unik. Apa saja? Berikut rangkumannya!

1. Lampu Luar Angkasa Berkedip

Artificial intelligence (AI) membantu para peneliti memecahkan kode cahaya radio misterius yang cepat meledak ke bumi dari galaksi kerdil berjarak tiga miliar tahun cahaya. 

Sebanyak 21 ledakan aneh terdeteksi dalam satu jam pada 2017 dan kini analisis neural-net mengungkapkan 72 lebih banyak kilatan cahaya yang dilewatkan, semua pada hari yang sama. Sayangnya, para ilmuwan masih belum tahu proses alami apa yang memicu rentetan ledakan kuat.

2. Menunggu di Luar Angkasa

Pada Februari lalu, SpaceX meluncurkan roket Falcon Heavy pertamanya. Menariknya, SpaceX juga mengajak Starman (boneka astronot) untuk duduk di Tesla Roadster merah.

Elon Musk kemudian mengatakan kepada awak media, foto-foto yang diambil dari Tesla di luar angkasa membuat mobil terlihat palsu. Tapi, cahaya di luar angkasa tidak harus melewati udara yang diisi dengan partikel debu dan kelembapan, sehingga foto di sana terlihat lebih tajam.

3. Terlalu Rendah

Pada Maret tahun ini, seorang penganut bumi datar bernama 'Mad' Mike meluncurkan roket uap buatannya sendiri dengan dirinya berada di dalamnya. Peluncuran roket ini bertujuan untuk membuktikan bumi tidak bulat, tapi datar.

Pria berusia 61 tahun itu telah belajar sendiri ilmu roket dan mengumpulkan uang untuk membangun roket. Dia mencapai ketinggian hampir 1.900 kaki, jauh dari ketinggian sebagian pesawat terbang. Dia mengatakan akan mencoba meluncurkan dirinya lebih tinggi lain kali.

4. Makanan Tikus Berjamur

Peluncuran kargo SpaceX besar-besaran ke International Space Station (ISS) ditunda tahun ini. Sebab, makanan tikus yang berjamur. Para engineer melihat sedikit jamur saat mereka memuat tikus di pesawat luar angkasa pada menit terakhir, dan mereka harus mengeluarkan banyak kargo untuk mengganti sisa makanan.

5. Bentuk Skutoid

Pernah dengan tentang skutoid? Bentuk baru ini memiliki sisi-sisi yang miring dan tampilan prismanya sedikit bengkok. Meskipun bentuk ini belum pernah diketahui sebelumnya, tapi dipercaya ada.

Menurut para ilmuwan, beberapa sel bisa membentuk skutoid untuk mengemas secara ketat dalam kurva organ-organ manusia. (tas/net)