Persibo Bojonegoro, Juara Piala Indonesia Terakhir yang ke Piala AFC -->

Advertisement

Persibo Bojonegoro, Juara Piala Indonesia Terakhir yang ke Piala AFC

Jumat, 14 Desember 2018

Tim juara Piala Indonesia 2012, Persibo Bojonegoro. (PSSI)
JCS - Kompetisi domestik sepak bola Indonesia, Piala Indonesia 2018 saat ini masih memainkan babak 64 besar. Bagi tim yang juara dari kompetisi ini akan dikirim ke Piala AFC.

Seperti yang pernah disampaikan oleh Sekjen PSSI, Ratu Tisha, kepada awak media pada bulan lalu bahwa tim juara Piala Indonesia akan ke Piala AFC, namun tidak untuk tahun ini. "Untuk AFC harus melakukan verifikasi dulu," kata Ratu Tisha.

Menurut Ratu Tisha, juara Piala Indonesia memang pernah mengirimkan wakil ke kompetisi Asia, seperti Piala AFC pada tahun 2012 lalu. Jelasnya, klub yang beruntung terakhir kali dikirimkan ke Piala AFC usai menjuarai Piala Indonesia 2012 adalah Persibo Bojonegoro.

Bermain di kasta ketiga sepak bola Indonesia, Liga 3, ternyata Persibo Bojonegoro tidak banyak bicara untuk musim 2018. Mereka terhenti di babak regional, Jawa Timur.

Persibo Bojonegoro harus puas hanya menempati peringkat ketiga Grup C. Sebenarnya ada peluang untuk dua tiket peringkat tiga terbaik, namun Persibo juga gagal mendapatkannya.

Sekadar informasi, Persibo saat 2012 lalu, tergabung di Grup F bersama Yangon United (Myanmar), New Radiant (Maladewa) dan Sunray Cave JC Sun Hei (Hong Kong). Posisi paling buncit pun ditempati Persibo saat itu.

Saat ini pun, peluang Persibo Bojonegoro untuk mengulangi prestasi tahun 2012 lalu (juara Piala Indonesia), sudah tertutup. Saat mereka kalah dari Madura United di babak 128 besar, Mei lalu.



Juga dinantikan kiprah Persibo di belantika sepak bola Indonesia. Apakah mereka masih mampu berbicara banyak di Liga 3 Jatim 2019 dan Piala Indonesia edisi selanjutnya. (sa/rus)