Pernyataan Cinta di Bukit Cinta Semarang -->

Advertisement

Pernyataan Cinta di Bukit Cinta Semarang

Selasa, 25 Desember 2018

Perahu Motor di Bukit Cinta Semarang
Dari kawasan Bukit Cinta, kita bisa menyewa perahu motor untuk menyusuri danau Rawa Pening.

Memang, Semarang punya banyak tempat wisata yang menarik. Salah satunya adalah kawasan perbukitan di pinggir Rawa Pening, yang lebih dikenal dengan Bukit Cinta.

Untuk menuju ke Bukit Cinta sangatlah mudah, kurang lebih hanya sekitar 1 jam berkendara dari kota Semarang. Sementara jika pengunjung berangkat dari kota Ambarawa atau Salatiga maka akan relatif lebih dekat.

Pada jaman penjajahan Belanda, tempat ini dimanfaatkan oleh pemerintahan kolonial Belanda sebagai Gardu pemantau pertumbuhan enceng gondog yang menyebar di Danau Rawa Pening. 

Tujuan pembangunannya untuk mengendalikan pertumbuhan enceng gondog karena terdapat pembangkit listrik tenaga air (PLTA) milik Belanda yang dikembangkan di Rawa Pening.

Kemudian pada tahun 1975, gardu pemantau pertumbuhan enceng gondog ini diubah oleh pemerintah daerah menjadi gardu pemandangan alam Rawa Pening. Seiring berjalan waktu tempat ini lebih dikenal sebagai Bukit Cinta karena banyaknya pasangan yang berpacaran di lokasi ini.

Walaupun demikian, kawasan wisata ini cukup bersahabat untuk wisata bersama keluarga, sebab Bukit Cinta hanyalah nama sebuah tempat yang tidak perlu di sangkut pautkan dengan konotasi negatif. Kawasan ini cocok sekali untuk pungunjung yang ingin mencari suasana tenang saat liburan.

Di Bukit Cinta, pengunjung bisa merasakan keteduhan pepohonan dan menikmati keindahan pemandangan danau Rawa Pening. Terdapat juga wisata air seperti penyewaan perahu motor untuk berkeliling danau Rawapening, bahkan kamu yang gemar memancing, bisa juga memancing di Danau Rawa Pening.

Yang menarik, di tempat ini pengelola juga menyediakan tempat untuk meletakkan gembok cinta, dan ternyata, sudah ada beberapa gembok yang terpasang di tempat ini. Sementara di bagian depan kawasan Bukit Cinta terdapat patung yang menggambarkan legenda terciptanya Rawa Pening.

Sementara oleh-oleh khas dari objek wisata ini adalah kerajinan dari enceng gondok. Cukup kreatif dalam memanfaatkan encek gondok yang sempat menutupi sebagian besar area Danau Rawa Pening. 

Kerajinan dari enceng gondog cukup banyak macamnya, mulai dari aneka bentuk tas, vas bunga, tempat tisu, kursi, hiasan dinding, dan masih banyak lagi.

Untuk Anda yang berkunjung ke Semarang tapi tidak membawa kendaraan, tidak perlu risau. Sewa saja kendaraan untuk menuju ke kawasan ini melalui tiket.com. Tersedia aneka macam pilihan kendaraan, dari vendor terpercaya yang pastinya siap memberikan pelayanan terbaik. (rus/net)