Pergerakan Tanah di Cidaun, Sejumlah Warga Diungsikan -->

Advertisement

Pergerakan Tanah di Cidaun, Sejumlah Warga Diungsikan

Jumat, 28 Desember 2018

Ilustrasi pergerakan tanah
JCS - Terjadi pergerakan tanah di kampung Cibitung RT 02/03, Desa Mekarjaya, Kecamatan Cidaun, Cianjur, Selasa (25/12/2018). Sekretaris Desa (Sekdes) Mekarjaya, Tarsa membenarkan peristiwa alam yang terjadi Jumat 21 Desember 2018 sekitar pukul 14:00 WIB. "Alhamdulillah tidak ada korban jiwa," kata Sekdes Tarsa kepada wartawan, Kamis kemarin.

Untuk keselamatan lanjut Tasa, sebagian warga di RT 02 kurang lebih 29 jiwa diungsikan. Karena khawatir jika hujan terus turun, tanah tebing yang sudah terlihat tanda-tanda retak takut ambruk menimpa sejumlah rumah penduduk. "Iya, sebagian penduduk di sana diungsikan ke tempat yang lebih aman," ujarnya.

Menurut Tasa, walaupun peristiwa alam ini tidak menimbulkan ada korban jiwa namun waspada harus dijaga. Karena pengalaman tahun 2014, pernah terjadi pergerakan tanah yang menyebabkan longsoran tanah di sebelah utara dan sebelah selatan  di desa ini. 

"Kejadian di kampung Cibitung ini merupakan peristiwa yang ketiga kalinya dan pososinya berada di tengah tengah. Maka itu, kami terus berkoordinasi dengan kecamatan sebagai upaya antisipasi jika terjadi longsor akibat pergerakan tanah," ujarnya.

Sementara itu, Kasi Trantib Kecamatan Cidaun, Eli Suardi mengatakan, laporan dari desa tersebut langsung disampaikan ke petugas BPBD Cianjur dan akhirnya mereka turun ke lokasi, Sabtu 22 Desember 2018.

Dari hasil pengecekan benar sekali adanya pergerakan tanah akan mengancam terhadap pemukiman warga, perkirakan ada 29 jiwa dari satu ke RT an harus segera di ungsikan. "Kami berupaya untuk mengajak warga pindah sementara, bahkan ada dibongar untuk pindah lokasi," pungkasnya. (sa/mat)