NASA InSight Merhasil Menangkap Suara Setan Debu Mars -->

Advertisement

NASA InSight Merhasil Menangkap Suara Setan Debu Mars

Selasa, 11 Desember 2018

Ilustrasi NASA InSight. (Foto: Daily Mail)
JCS - Lander Badan Antariksa Amerika Serikat (AS) NASA InSight berhasil menangkap suara 'setan debu' Mars. Suara tersebut merupakan yang pertama kalinya didengar oleh NASA.

InSight telah menangkap suara debu Mars selama hari pertamanya di Planet Merah. Menurut NASA, ini merupakan pertama kalinya mereka mendengar suara angin Mars.

NASA mengatakan, suara yang direkamn pada 1 Desember berbaris dengan garis-garis debu yang diamati di daerah pendaratan. Getaran direkam pada nada yang sangat rendah.

Untuk membuatnya lebih jelas, NASA meningkatkan pitch dua oktaf, sehingga membuatnya terdengar di laptop dan perangkat seluler. Meskipun InSight tidak secara khusus berangkat untuk merekam angin Mars, tim mengatakan jenis pengumpulan data ini berasal dari wilayah tersebut.

Lander mendeteksi getaran angin dengan dua sensornya, satu dirancang untuk mengukur tekanan udara, dan lainnya dengan seismometer di deck.

"Menangkap audio ini merupakan treat yang tidak direncanakan. Tapi, salah satu hal yang didedikasikan untuk misi kami ialah mengukur gerakan di Mars dan tentu saja itu termasuk gerakan yang disebabkan oleh gelombang suara," kata penyelidik utama InSight di Jet Propulsion Lab Bruce Banerdt yang dikutip dari Daily Mail, Selasa (11/12/2018).

Menurut tim InSight, dua instrumen berbeda merekam suara dengan suara yang berbeda. Sementara Auxiliary Payload Sensor Subsystem merekam getaran langsung, seismometer mengambil getaran yang disebabkan oleh angin yang melewati panel surya lander.

Data yang dikumpulkan oleh InSight’s Seismic Experiment for Interior Structure (SEIS) dalam beberapa bulan sebelum dipindahkan ke tanah, pada akhirnya akan digunakan untuk membatalkan suara background saat berfungsi untuk mendeteksi marsquakes.

Sensor silikon short period bisa mendeteksi getaran dengan frekuensi hingga 50 hertz, yang berada di kisaran rendah pendengaran manusia.

Jelasnya, InSight lander itu bertindak seperti telinga raksasa. Panel surya di sisi lander merespons fluktuasi tekanan angin. Seperti InSight yang menangkupkan telinganya dan mendengar angin Mars berdetak di atasnya. 

"Saat kami melihat arah getaran lander yang berasal dari panel surya, itu cocok dengan arah angin yang diharapkan di lokasi pendaratan kami," kata anggota tim Sains dan Sensor InSight Tom Pike.

Tim tersebut telah merilis sampel rekaman suara seismometer yang mentah dan tidak berubah, serta versi kedua yang telah dinaikkan dua oktaf agar lebih mudah didengar. Terakhir, sampel APSS dipercepat oleh faktor 100.

Menurut para ahli, sumber bunyi itu cukup lugas yakni getaran yang dideteksi oleh instrumen sangat mirip dengan perubahan tekanan udara yang Anda dengar saat sebuah bendera berputar di angin. (sa)