Libur Sekolah, Ayo Belajar Menanam Pedes -->

Advertisement

Libur Sekolah, Ayo Belajar Menanam Pedes

Sabtu, 22 Desember 2018

Pedes di kebun
Libur sekolah telah berjalan dan sedang dinikmati oleh para pelajar . Nah, kalian yang ingin tamasya sambil belajar cara menanam bibit pedes atau buah-buahan bisa datangi pusat pembibitan tanaman atau kantor penyuluh pertanian di desa kalian.

Kalian dapat memanfaatkan lahan di depan, samping dan belakang rumah atau di kebun kalian. Misalnya tanam bibit buah-buahan atau pohon mangrove. 

Jika kalian rajin dan mau bertanya pada ahlinya, maka kalian para siswa akan diajari mulai cara menanam, merawat, budidaya, hingga dikenalkan berbagai jenis tanaman.

Seperti dilakukan seorang siswa SMPN di Cianjur selatan, Rendi Cahyadi yang belajar tanam pedes dari ayahnya. Bibit pedes ini kata Rendi didapat dari ke kelompok tani di kampung halamannya. 

"Dede sih mau belajar tanam pedes buat di pekarangan belakang rumah. Sebelumnya Dede diajarin oleh si bapak karena si bapak belajar dari penyuluh pertanian," tutur Dede Rendi kepada JCS, Sabtu (22/12/2018).

Rendi menambahkan, untuk belajar menanam pedes ini disaat atau kebetulan waktu liburan sekolah saja. Karena masuk sekolah nanti tanggal 2 Januari. "Iya sekarang waktu libur sekolah. Nanti masuk sekolah kaping 2 Januari. Makanya Dede coba memanfaatkan waktu libur ini dengan belajar tanam pedes," imbuhnya. (rus)