Libur ke Cianjur dan Bandung via Puncak -->

Advertisement

Libur ke Cianjur dan Bandung via Puncak

Minggu, 30 Desember 2018

Ilustrasi ketika jalur Puncak macet bisa lewat Jonggol atau Sukabumi
JCS - Sekedar informasi jalan yang paling aman dari kemacetan kendaraan seiring suasana tahun baru ini, sebetulnya para pengguna jalan bisa lewat jalan (lintas-red) Jabar selatan, mulai dari Pelabuhan Ratu Sukabumi, Agrabinta, Sindangbarang, Cidaun, Garut Hingga Ciamis jika ingin menikmati destinasi alam dan pantai Cianjur selatan.

Meski untuk tamasya, liburan dan hiburan tahun baru ini bagi sebagian warga Cianjur selatan tak sedikit memilih di wilayah kota. Pasalnya, karena sebagian warga Cianjur selatan punya rumah di kota atau bertamu kepada famili.

Terkait judul di atas, masyarakat yang ingin menghabiskan libur akhir tahun ke Cianjur dan Bandung via Jalur Puncak, Bogor, untuk menggunakan jalur alternatif. Hal itu disampaikan Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Bogor Ajun Komisaris Hasby Ristama, Minggu (30/12/2018).

Imbauan tersebut disampaikan mengingat jalur Puncak diprediksi akan terus mengalami peningkatan volume kendaraan jelang pergantian tahun baru. Hasby menyebut, masyarakat dapat menggunakan jalur alternatif via Jonggol maupun Sukabumi karena lebih cepat. 

"Masyarakat yang akan melakukan perjalanan dari Bogor menuju Cianjur dapat menggunakan jalur alternatif melalui jalur Jonggol Cileungsi dan Cibubur dengan jarak 86 kilometer maupun tol Bocimi via Sukabumi," ujar Hasby, Sabtu (29/12/2018). 

Dirinya menambahkan, hingga pagi tadi, peningkatan volume kendaraan yang mengarah ke Puncak, Bogor, mengalami antrean sepanjang 2 kilometer di exit Tol Ciawi. 

Selain itu, sambung Hasby, titik-titik kemacetan di kawasan Puncak juga terjadi di Simpang Pasir Muncang, Simpang Pasir Angin, Simpang Mega Mendung, Simpang Taman Wisata Matahari, Simpang Taman Safari, dan Simpang Warung Kaleng. 

"Volume kendaraan dari arah Jakarta menuju Puncak sudah meningkat sejak pagi tadi. Ini terjadi karena kawasan Puncak masih menjadi tempat favorit wisata bagi masyarakat," kata Hasby. 

Ditutup 12 jam Kepolisian bakal menutup jalur Puncak saat malam perayaan Tahun Baru 2018. Rencananya, penutupan tersebut akan dilakukan selama 12 jam. 

Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Barat Komisaris Besar Prahoro Tri Wahyono menuturkan, penutupan jalur Puncak tersebut untuk mengurangi beban volume yang terjadi di jalur tersebut. "Pembatasannya mulai tanggal 31Desember 2018 itu mulai dari pukul 18.00 WIB sampai besok paginya (1 Desember 2018) pukul 06.00 WIB," jelas Prahoro. 

Penutupan sendiri dimulai dari simpang Gadog sampai Puncak Pass untuk arah dari Jakarta, sedang dari arah Cianjur akan dilakukan di Jabar 9 dan kanalisasi mulai dari simpang Gadog.

"Itu yang mengarah dari Jakarta menuju arah atas Puncak Pass. Sebaliknya dari arah Cianjur kami akan kanalisasi filter di Jabar 9 itu, ada pos PJR (botol kecap) ada putaran di situ. Kami filter," terangnya. (tas/rus)