Libas Bali United 2-1, Persija Geser PSM Makassar -->

Advertisement

Libas Bali United 2-1, Persija Geser PSM Makassar

Minggu, 02 Desember 2018

Gelandang Persija Jakarta Sandi Darma Sute (kedua kanan) bersama rekannya Renan Da Silva melakukan selebrasi setelah membobol gawang Bali United di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, Minggu (02/12/2018) malam. (Foto: ANTARA/Nyoman Budhiana)
JCS - Laga pekan ke-33 kompetisi sepak bola kasta tertinggi Tanah Air, Liga 1 mempertemukan Persija Jakarta kontra Bali United di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Minggu (2/12/2018).
Macan Kemayoran akhirnya sukses meraih tiga poin karena dapat skor 2-1 atas Bali United. 

Gol kemenangan Persija dicetak oleh Sandi Sute pada menit keempat dan Marko Simic (84'). Satu gol balasan Bali United dicetak oleh Stefano Lilipaly di penghujung laga. Hasil ini membuat Persija menggeser PSM Makassar di puncak klasemen sementara. 

Persija memimpin dengan raihan 59 poin, unggul dua angka atas PSM di peringkat kedua. PSM baru akan memainkan laga pekan ke-33 pada Senin (03/12/2018). 

Tim sebutan Juku Eja ini harus berhadapan juara bertahan, Bhayangkara FC. Hasil ini juga akan memperpanjang nasib buruk Bali United karena tak pernah menang di empat laga. Bali United tertahan di peringkat 10 dengan raihan 45 poin. 

Laga ini cukup sengit dengan tempo cepat sejak menit awal. Persija yang butuh kemenangan ini mengambil inisiatif menyerang terlebih dahulu. Semua penonton di Stadion Kapten I Wayan Dipta sempat terdiam ketika Persija langsung unggul pada menit keempat. 

Gol indah berawal dari umpan melengkung dari Riko Simanjuntak pada Sandi Sute lalu dilepaskan dari luar kotak penalti yang meluncur deras ke gawang Mochammad Diky. 

Wih! Ada-ada saja insiden kecil, laga ini harus dihentikan sejenak lantaran suporter Bali United menyalakan flare di tribune utara. Setelah menunggu selama 10 menit, wasit Djumadi Efendi memutuskan melanjutkan pertandingan. 

Aksi serupa terulang pada menit ke-31. Namun laga ini hanya dihentikan sekitar satu menit. Skor 1-0 untuk Persija bertahan hingga babak pertama usai. Lanjut babak kedua, pertandingan lebih terbuka. Kedua tim silih berganti melancarkan serangan. 

Bali United tampil lebih dominan, sementara Persija memperlambat tempo permainan. Lini belakang Persija yang dikomando Maman Abdurrahman tampil solid. Mereka berhasil mematikan pergerakan Ilija Spasojevic. 

Peran Irfan Bachdim dan Stefano Lilipaly tidak begitu terlihat pada laga ini. Persija yang mengandalkan serangan balik justru mampu menggandakan keunggulan pada menit ke-84 lewat titik putih. 

Penalti ini diberikan setelah Syaiful Indra Cahya menjatuhkan Ramdani Lestaluhu. Marko Simic yang menjadi algojo gagal menjalankan tugas karena tendangannya ditepis kiper Mochamad Diky. 

Beruntung bola muntah jatuh ke hadapan Simic yang kemudian mencocornya ke gawang yang sudah kosong. Benteng pertahanan kokoh Persija akhirnya jebol pada menit ke-90+4. Berawal dari umpan terukur Irfan Bachdim, Spaso mampu mengontrol bola dengan dada di kotak penalti Persija. 

Spaso kemudian sodorkan bola datar pada Lilipaly yang sudah berlari di sisi kanan. Lili tanpa ampun langsung menghajar si kulit bundar dengan kaki kanan, hingga melesak masuk ke gawang lawan yang dijaga Andritany Ardhiyasa. Hingga akhir laga ini skor 2-1 tetap milik Persija.

Susunan pemain:

Persija Jakarta: Andritany Ardhiyasa; Rezaldi Hehanussa, Maman Abdurrahman, Gunawan Dwi Cahyo, Michael Orah; Sandi Sute, Rohit Chand, Renan Silva; Riko Simanjuntak, Novri Setiawan, Marko Simic; pelatih: Stefano Cugurr.

Bali United: Mochamad Diky; I Made Andika, Syaiful Indra Cahya, Ricky Fajrin, Taufik Hidayat; M Taufiq, Brwa Nouri; Yabes Roni, Stefano Lilipaly, Irfan Bachdim; Ilija Spasojevic; pelatih: Eko Pudjianto. (rus/sa)