Juara Liga 1 Diusulkan untuk Tampil di Piala AFC 2020 -->

Advertisement

Juara Liga 1 Diusulkan untuk Tampil di Piala AFC 2020

Sabtu, 01 Desember 2018

Ilustrasi logo Piala AFC and Liga 1
JCS - Salah satu cara untuk memotivasi klub-klub Tanah Air, juga menambah prestise, kini PSSI mengusulkan pada AFC agar tim yang jadi juara Liga 1 2018 untuk bisa tampil pada Piala AFC 2020. 

Jika hal ini terwujud setidaknya akan lebih mewarnai Piala AFC yang akan digelar dua tahun mendatang. Menurut Ketua Organizing Committee Iwan Budianto, pihaknya sudah mengirim surat ke AFC terkait usulan tersebut. "Ini akan menambah prestise turnamen serta menjadi motivasi para klub untuk meraih juara," kata Iwan dikutip dari laman PSSI, Sabtu (1/12/2018).

Turnamen Piala Indonesia 2018 dimulai pada bulan Mei dan saat ini sudah memasuki babak 64 besar. Turnamen yang diikuti 128 klub dari tiga kasta yakni Liga 1,2 dan 3 ini akan berakhir pada Maret 2019. 

Piala Indonesia diharapkan bisa dijadikan klub-klub peserta untuk mendapatkan laga kompetitif pada jeda kompetisi liga yang berakhir pada Desember nanti. Iwan melanjutkan, hingga saat ini Piala Indonesia 2018 berjalan dengan baik dan lancar. 

Dan ia akan berupaya memperbaiki kekurangan yang ada. "Setelah menyelesaikan babak 64 besar pada bulan Desember, mulai Januari kami gelar babak 32 besar yang sudah dengan format kandang dan tandang hingga final yang direncanakan Maret 2019 mendatang," tambahnya.

Masih dipaparkan Kepala Staf Ketua Umum PSSI ini bahwa Piala AFC merupakan kompetisi antarklub se-Asia tingkat dua setelah Liga Champions Asia. 

Saat ini, Indonesia mendapat jatah dua klub untuk tampil dalam kompetisi yang diibaratkan Liga Europa-nya Asia itu. Dua jatah tersebut masih diperuntukan bagi dua tim peringkat atas Liga 1. 

Namun bila tim peringkat satu berhasil lolos melewati kualifikasi Liga Champions Asia, maka satu jatah yang ditinggalkan diberikan untuk tim peringkat ketiga. 

Persibo Bojonegoro menjadi tim terakhir yang menjadi juara Piala Indonesia 2012 yang mewakili Indonesia pada ajang Piala AFC Cup 2013. Saat itu Persibo bermain di AFC Cup 2018 bersama Semen Padang yang meraih gelar juara Liga Indonesia 2012. (sa/rus)