Harga Pemain Indonesia yang Paling Meroket -->

Advertisement

Harga Pemain Indonesia yang Paling Meroket

Minggu, 02 Desember 2018

Logo Liga 1
Genderang kompetisi sepak bola Indonesia Liga 1 2018 tinggal menyisakan dua pertandingan lagi. PSM Makassar dan Persija harus saling sikut-menyikut hingga pekan terakhir kompetisi tertinggi sepak bola Indonesia ini, guna menutup musim 2018 dengan raihan trofi.

Tentu saja hal ini menjadi sepenggal cerita menarik yang untuk diperbicangkan oleh para pencinta sepak bola nasional kini. Mengingat musim 2018 dipenuhi dengan beragam kasus-kasus yang menyeruakan setiap pekannya.

Meski begitu, di sisi lain Liga 1 2018 sejatinya telah menunjukan perkembangan dari kondisi sepak bola Indonesia. Salah satu bukti nyata akan hal itu, ialah dengan meroketnya harga-harga pemain Indonesia yang mampu bersaing dengan pemain-pemain asing.

Bahkan dalam lima besar pemain termahal Liga 1 2018, terdapat seorang pemain Indonesia yang berhasil menempati peringkat kelima. Tentu saja hal ini menjadi sebuah kebanggaan tersendiri, mengingat banyaknya pemain-pemain asing di musim ini.

Menariknya, berdasarkan situs Transfermarkt setidaknya terdapat tiga pemain Indonesia yang mampu menembus daftar 20 pemain termahal Liga 1 musim 2018. Siapa sajakah mereka? 

Ilija Spasojevic

Didatangkan pada awal musim ini dari Bhayangkara FC, Spasojevic mampu menorehkan catatan apik saat berseragam Bali United.

Tercatat penyerang kelahiran Montenegro ini telah memainkan 33 laga di semua ajang bersama Bali United musim ini. Menariknya, Spaso mampu berkontribusi atas 17 gol yang telah dicetak Serdadu Tridatu.

13 gol dan empat assistnya, mampu membawa Bali United menjadi salah satu tim yang disegani pada Liga 1 2018 . Tak ayal melihat performanya yang tengah on fire ini, dirinya selalu menjadi pilihan utama sang pelatih untuk memimpin lini serang Bali United.

Berdasarkan Transfermarkt, Spaso memiliki nilai transfer sebesar 270 ribu euro atau sekitar Rp4,3 milliar. Angka tersebut membawanya menempati peringkat ke-18 sebagai pemain termahal di Liga 1 2018. Unggul dari rekan satu timnya, Melvin Platje dan Fernando Rodriguez yang berada di bawahnya.

Boaz Solossa

Walau sudah memasuki usia kepala tiga, kemampuan Boaz Solossa dalam urusan mencetak gol tidak pernah pudar sedikit pun.

Pada musim ini, pemain kelahiran Sorong, Papua tersebut mampu berkontribusi atas tujuh gol yang dicetak oleh Persipura Jayapura. 

Lima gol dan dua assists dari 26 laga di Liga 1 2018, telah membuktikan kualitas Boaz belum sirna di usianya yang telah menua.

Walau begitu, dirinya harus menerima kenyataan pahit setelah tidak dipanggil oleh Bima Sakti untuk membela Timnas Indonesia saat mengikuti gelara Piala AFF 2018 beberapa waktu yang lalu.

Ditaksir dari Transfermarkt, Boaz memiliki nilai transfer yang sama dengan Spasojevic, yakni 270 ribu euro atau sekitar Rp4,3 milliar. Menariknya, Boaz lebih unggul dari Spaso dengan menempati peringkat ke-17 sebagai pemain termahal Liga 1 2018.

Stefano Lilipaly

Bisa dikatakan, musim 2018/19 merupakan musim terbaik Stefano Lilipaly. Kemampuannya dalam mengatur serangan Bali United dan Timnas Indonesia, serta visinya dalam menebarkan ancaman, tidak bisa dipandang sebelah mata oleh siapapun.

Dirinya tercatat telah mencetak 11 gol dan tiga assists untuk Bali United di Gojek Liga 1 2018 ini.

Sedangkan saat membela Merah-Putih, gelandang 28 tahun ini berhasil dipercayai Luis Milla dan Bima Sakti untuk memperkuat Timnas Indonesia di ajang Asian Games 2018 dan Piala AFF 2018.

Dengan cemerlangnya penampilan Lilipaly di musim ini, sang pemain ternyata memiliki harga yang cukup fantastis, yakni 405 ribu euro atau sekitar Rp6 milliar. Angka ini membawa namanya menduduki peringkat kelima sebagai pemain termahal Liga 1 2018. (tas)