Diskon Gila-gilaan di Harbolnas 2018 -->

Advertisement

Diskon Gila-gilaan di Harbolnas 2018

Rabu, 12 Desember 2018

Ilustrasi Harbolnas
JCS - Rabu (12/12/2018 adalah Hari Belanja Online (Harbolnas). Informasi yang dihimpun JCS pada hari ini (tadi-red) membuat para penyedia layanan jual beli online ambil bagian bin sibuk menawarkan barang dengan diskon gila-gilaan. 

Meski demikian, Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengingatkan masyarakat untuk tetap hati-hati bila ingin belanja online di Harbolnas 12.12. "Pengaduan belanja online masih sangat dominan. Bahkan di YLKI pengaduan belanja online menjadi rangking tertinggi," kata Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abadi dalam tertulisnya yang dibaca JCS, Rabu (12/12/2018). 

YLKI mendesak pemerintah untuk segera mengesahkan RPP tentang Belanja Online yang kini masih mangkrak. Hal ini dinilai penting karena regulasi perlindungan konsumennya masih rendah. 

Saran YLKI kepada masyarakat di momen Harbolnas. Pastikan bahwa diskon yang diberikan adalah diskon yang sesungguhnya, bukan diskon abal-abal dengan cara menaikkan harga lebih dulu. 

Pastikan bahwa konsumen berinteraksi dengan pelaku belanja online yang kredibel, dengan identitas jelas.  Cek reputasinya via mesin mencari bahwa reputasi pedagang online tidak banyak dikomplain konsumen. 

Pastikan bahwa pelaku pedagang online mempunyai mekanisme penanganan pengaduan yang jelas. 
Sebab, salah satu keluhan utama konsumen adalah susahnya konsumen mengakses pengaduan jika produknya mengalami masalah. 

Konsumen juga harus waspada terhadap penyalahgunaan data pribadi. Pasalnya, saat ini marak dugaan penyalahgunaan data pribadi akibat konsumen kurang hati-hati. Pelaku pedagang online harus mengedepankan itikad baik dalam bisnis. (tas/rus)