Beberapa Cara Olahraga Ampuh bagi Orang yang Gemuk -->

Advertisement

Beberapa Cara Olahraga Ampuh bagi Orang yang Gemuk

Selasa, 25 Desember 2018

Ilustrasi orang gemuk saat sedang makan
Pembaca JCS, memang tak bisa dipungkiri bahwa olahraga kerap kali belum dipandang sebagai suatu kebutuhan yang wajib terpenuhi oleh setiap orang.

Terkecuali bagi mereka yang memiliki berat badan berlebih alias gemuk 'lintuh bayuhyuh'. Sekalipun mereka yang bertubuh gemuk tak memiliki keinginan untuk mendapatkan berat badan ideal, bahkan ingin menjadi kurus tapi sehat, bukan berarti olahraga menjadi hal yang tak penting untuk mereka lakukan.

Lebih dari itu, olahraga sangat penting untuk tetap dilakukan. Dengan porsi yang wajar, olahraga bisa membuat tubuh gemuk mereka tetap berjalan beriringan dengan kondisi fisik yang prima dan sehat secara jasmani.

Biasanya orang gemuk lebih suka santai sambil tiduran ketimbang berolahraga. Namun tentunya, tak sembarang olahraga bisa dilakukan mereka yang bertubuh gemuk. Misalnnya saja olahraga yang terlalu berat dan menguras stamina.

Nah, berikut ini beberapa hal olahraga yang baik dan aman untuk dilakukan bagi orang-orang yang memiliki tubuh gemuk, sesuai dilansir dari Hello Sehat:

Jalan Kaki dan Renang

Olahraga yang paling mudah dan murah yang bisa dilakukan mereka yang bertubuh gemuk adalah jalan kaki. Tak perlu banyak persiapan dan alat, jalan kaki bisa dilakukan mereka kapan dan dimana saja. 

Meski mudah, jalan kaki ini menjadi efektif karena tetap bisa membakar kalori, tanpa perlu banyak  usaha yang terlalu melelahkan mereka yang berbadan gemuk.

Biasanya orang yang berbadang gemuk enggan untuk menggerakan tubuhnya dengan banyak beraktivitas. Untuk itu maka olahraga renag bisa menjadi pilihan alternatif yang tepat buat mereka yang gemuk dan tetap ingin menjalankan olahraga.

Dengan berada di atas air, mereka tak perlu banyak mengeluarkan energi untuk menopang tubuhnya saat melakukan gerakan. Selain itu, efektifnya renang juga akan berasa untuk memperbaiki masalah pernapasan yang umumnya juga dialami orang-orang berbadan gemuk.

Jika tak bisa berenang, mereka yang berbadan gemuk juga bisa menggantinya dengan berjalan di dasar air. Meski tak ubahnya seperti berjalan kaki di darat, berjalan di air sedikit banyak bisa membantu mereka dalam mengurangi beban berat akibat bobot tubuh yang diatas rata-rata.

Bersepeda dan Tai Chi

Rasa malas untuk mengerakan tubuh juga bisa diakali dengan melakukan olahraga bersepada.Pilihannya bebas, bisa sepeda statis ataupun sepeda biasa di luar ruang.

Dengan bersepeda, mereka cukup menggerakan bagian kaki tanpa perlu bantuan berlebih bagian tubuh lainnya. Namun seperti layaknnya olahraga lain, bersepeda juga akan membakar kalori berlebih orang-orang berbadan gemuk.

Namun satu yang harus diperhatikan, tak perlu memaksakan diri untuk langsung melakukan bersepeda dengan jarak atau waktu yang lama. Cukup lakukan lima sampai 10 menit dalm percobaan pertama. Perlahan tambah jarak dan waktunya dalam percobaan selanjutnya.

Tai Chi

Jika ingin sesuatu yang lebih menantang, mereka yang bertubuh gemuk bisa mencoba olahraga beladiri Tai Chi. Tanpa perlu banyak melakukan gerakan, Tai Chi bisa efektif untuk membakar kalori mereka yang melakukan beladiri ini dengan benar.

Kuncinnya tentu melakukan olahraga ini dnegan benar, untuk itu sangat disarakan melakukan Tai Chi dnegan bimbingan orang yang memang ahlinya. Jika itu dilakukan, bukan hanya kalori, bonus mempertajam konsentrasi dijamin akan bisa dirasakan oleh mereka yang bertubuh gemuk. (tas/rus)