Baru Diresmikan Jokowi, Tol Bocimi Gratis Seminggu -->

Advertisement

Baru Diresmikan Jokowi, Tol Bocimi Gratis Seminggu

Minggu, 02 Desember 2018

Foto: Dok. Kementerian BUMN
JCS - Misalnya warga Sukabumi selatan atau warga Cianjur selatan membawa mobil untuk tujuan Kota Bogor-Jakarta tak usah lewat Jonggol, tapi bisa lewat Tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi). Lewat tol ini selain insyaAllah aman, lancar juga gratis! Iya, gratis soalnya baru diresmikan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Sabtu (1/12/2018) kemarin. 

Tol ini sebelumnya mangkrak selama 21 tahun tapi kini resmi bisa digunakan. Menariknya, pemerintah menggratiskan tarif tol tersebut selama satu minggu.  "Setelah diresmikan hari ini, selama seminggu akan gratis," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat ditemui di Tol Cigombong, Jawa Barat, Sabtu (1/12/2018).

Setelah satu minggu, tarif tol mulai diberlakukan untuk semua golongan kendaraan. Untuk kendaraan yang masuk golongan 1, Basuki menyebut tarifnya Rp 1.000 per km. Jelasnya, untuk melintasi Ciawi-Cigombong yang memiliki panjang 15 km butuh Rp 15 ribu sekali jalan. 

Meski Surat Keputusan (SK) terkait tarif belum ditandatangani, tarif tersebut sudah hampir pasti. Sedangkan untuk golongan II - V, Basuki belum menyebutkannya. "Di sini (untuk golongan 1) pasti, tapi belum dikenakan sekarang. Seminggu (lagi) waktunya baru kena tarif," ungkapnya.

Basuki menjelaskan, kehadiran Tol Bocimi diklaim bisa membuat perjalanan dari Ciawi menuju Sukabumi makin cepat. Hanya membutuhkan waktu 15 menit. Beda jauh saat tol masih mangkrak dan tidak dimanfaatkan. "Jadi kalau nggak lewat tol itu 1,5 jam dari Ciawi ke Cigombong. Kalau lewat tol ini 15 menit. Jadi, lebih cepat," pungkasnya. (tas/rus)