Anugerah Terbaik -->

Advertisement

Anugerah Terbaik

Senin, 17 Desember 2018

Ilustrasi anugerah jalan hidayah
Allah Subhanahu Wa Ta'ala menciptakan dan menganugerahkan yang terbaik untukmu. Mempersiapkan yang terbaik untukmu. Memberimu penglihatan dan pendengaran, akal dan pikiran, juga membentangkan dua jalan. Menunjukkan dua cara hidup padamu, memudahkan jalan untukmu. 

Dengan izinNya manusia bisa menyelam di dalam air, terbang di udara, berpacu dengan kecepatan aliran listrik; bisa memanfaatkan energi listrik untuk penerangan; untuk belajar Al-Qur'an dan ibadah, untuk memasak nasi walaupun aliran listrik di wilayah Cianjur selatan sering padam. 

Maaf, agak belok dari subtansi bahasan. Soalnya betul listrik ke daerah ini makin sering padam membuat warga pelanggan PLN menggerutu. Mereka mengeluh berat setiap hari; harus kasian pada warga. Maka kondisi ini harus segera ditindaklanjuti oleh PLN dan pemerintah.

Kita fokus lagi! Bahkan manusia dengan kecerdasannya bisa mengungkap rahasia atom. Bahkan dengan akalnya, manusia mampu menembus langit dan bumi. Adakah nikmat yang lebih mulia dari ini, lebih agung dari ini?

Selain itu, sudahkah kita terbebas dari rasa lapar dan ketakutan? Tidak saja membebaskan diri sendiri dari lapar dan ketakutan, tapi juga membebaskan orang lain dari rasa yang mencekam kehidupan itu. 
Sudahkah kita mensyukuri nikmat yang seolah mengapung seluruh kehidupan manusia? 

Bersyukur dengan perbuatan; bersabar untuk tidak berbuat maksiat besar seperti syirik, korupsi, mabuk khamar, zina, menipu, riba dan lainnya. Di dunia inilah tempatnya kita bertobat nasuha; tobat adalah balik, kembali di jalan Allah. Selanjutnya, kita mengisi hari-hari dengan kebaikan.

Manfaatkan tangan dan kaki, mata dengan rajin membaca Al-Qur'an, membaca buku-buku atau bacaan-bacaan yang bermanfaat di dalam medsos; juga telinga untuk mendengarkan hal-hal yang baik,  hati dan akal kita pun bekerja untuk Allah SWT, Tauhid. 

Dengan cara memuliakan hidup kita dan juga hidup manusia lain. Berikanlah sebanyak mungkin manfaat untuk manusia lain, bukan sebaliknya, menghisap manfaat dari manusia lain. Wallahu a'lam.

Segala puji bagi Allah SWT. Shalallahu 'alaihi wa sallam. Subhanakal laahumma wa bihamdika asyhadu anlaa ilaaha illaa anta astaghfiruka wa atubu ilaika. *