AKBP Soliyah: Penutupan Jalur Cipanas Pukul 18.00 WIB, Jaga Keselamatan! -->

Advertisement

AKBP Soliyah: Penutupan Jalur Cipanas Pukul 18.00 WIB, Jaga Keselamatan!

Senin, 31 Desember 2018

Urai kemacatan Cipanas Cianjur. (Dok)
JCS - Masyarat Cianjur yang hendak menikmati pergantian Tahun Baru Masehi di daerah Cipanas dan Puncak, setidaknya harus mengetahui rute arus lalulintas yang diberlakukan Polres Cianjur. Karena ruas jalan utama Cianjur-Cipanas dan Puncak akan diberlakukan satu arah mulai sore nanti pukul 18.00 WIB.

Kapolres Cianjur, AKBP Soliyah mengatakan, pihaknya akan melakukan penutupan arus lalulintas dari arah Cianjur menuju Puncak. Yaitu, mulai Senin (31/12/2018) pukul 18.00 WIB atau waktu maghrib nanti.

"Diberlakukan satu arah dari Cianjur tepatnya dari Hypermat atau tugu gentur Cianjur dan berlaku sampai tanggal 1 Januari besok. Adapun pengalihan arus lalulintas ke arah Sukabumi dan Jonggol," kata  AKBP Soliyah saat dihubungi, Senin pagi (31/12/2018).

Bagi para pengunjung yang hendak bepergian berwisata ke wilayah Cipanas, kini Polres Cianjur mempermudah wisatawan dengan menyiapkan dua bus khusus, gratis. "Kami telah menyediakan dua bus untuk mereka yang ingin liburan ke obyek wisata Cipanas, grtais," kata Kapolres Cianjur AKBP Soliyah.

AKBP Soliyah kembali mengingatkan warga bahwa penutupan jalan dan diberlakukan atau satu arah yaitu nanti sore jelan. Menurut  AKBP Soliyah yang juga perempuan sniper ini menginformasikan penutupan hanya berlaku untuk kendaraan jenis mobil (roda empat). Untuk roda dua alias motor masih bisa lewat dari Cianjur ke arah puncak. "Tapi sebaliknya tidak boleh," tegasnya.

Disinggung bencana alam, AKBP Soliyah mengaku telah kerja sama dengan BPBD, TNI, dan Ormas yang terlibat dalam penanggulangan bencana. Polres Cianjur juga sudah menempatakan alat berat seperti di Ciloto, Cugenang dan Sukanagara. Di Sukanagara untuk mengantisipasi jika terjadi longsor di Cianjur selatan. "Iya, kami telah menyiapkan alat berat untuk mengantisipasi jika terjadi bencana," ungkapnya.

Pengamanan Tahun Baru 2019, Polres Cianjur telah menyiapkan 1050 personil Polri, TNI dan Ormas. Karena itu,  AKBP Soliyah menghimbau pengunjung atau masyarakat untuk waspada saat menikmati suasana Tahun Baru. Jika ada apa-apa bisa menghubungi petuga. "Semua personil yang tersebar disejumlah tempat untuk membantu masyarakat," imbuhnya.

Kapolres perempuan ini berharap, dalam momen tahun baru dan liburan agar masyarakat Cianjur menyambutnya dengan syukur. Masih pesan AKBP Soliyah, semua orang Cianjur harus berpikir bagaimana meraih masa depan, jangan melakukan eporia yang berlebihan. 

"Jadikan tahun baru sebagai kegembiraan yang disambut dengan rasa syukur. Hindari hal-hal negatif yang merusak diri sendiri, keluarga maupun lingkungan. Apalagi sekarang ada yang merasakan kesedihan seperti di Banten dan Lampung," imbau dia.

Sekali lagi, tegas  AKBP Soliyah, bagi para pengguna jalan agar mengikuti aturan yang sudah diberlakukan. Jaga keselamatan. "Kalau ada persoalan kamtibmas dan kendala di jalan tolong hubungi kami," ucapnya. (rus)