Tips Menjaga Stamina Usai Main Bola -->

Advertisement

Tips Menjaga Stamina Usai Main Bola

Kamis, 08 November 2018

Ilustrasi
JCS - Tips ini khususnya buat olahragawan sepak bola. Karena 'tukang' main bola juga ingin tetap sehat bugar dan kinclong. Dan Anda tahu bermain bola sudah bukan hal asing lagi. Namun, usai bermain sepak bola yang menguras fisik, percis seperti main bulu tangkis pasti akan merasa berkeringat, capek, dan lemas.

Pembaca tahu bahwa sepak bola merupakan olahraga yang paling digemari dan populer di dunia. Ternyata sepak bola itu indah. Sebab, selain dapat menjaga kebugaran fisik, sepak bola juga menawarkan sisi kompetitif yang seru dan sayang untuk dilewatkan. 

Bayangkan, tiap akhir pekan kita selalu disuguhkan laga-laga seru dari liga-liga top Eropa yang membuat kita semangat untuk menjajal si kulit bundar.  

Berikut ini cara  bikin segar dan bersemangat habis bermain sepak bola? 

1. Makanan Segar

Seperti layaknya para pesepak bola dunia, demi mengembalikan kebugaran dan semangat usai bermain, kita pasti membutuhkan asupan energi. Salah satu hal paling penting tentunya adalah makan. Namun, makanan yang dikonsumsi tidaklah sembarangan. 

Dianjurkan untuk makan makanan yang mengandung tinggi protein, vitamin, dan serat. Contohnya adalah buah-buahan, sayur mayur, atau telur. Tujuannya, agar otot-otot tubuh kita bisa kembali normal dan tubuh tidak merasa lemas alias kembali bersemangat.

2. Mandi

Mandi air dingin dapat meregangkan dan melemaskan otot-otot. Dengan mandi seusai berolahraga berat, aliran darah bisa kembali normal. 

Selain itu, mandi juga berfungsi agar tidak terjadi penggumpalan dalam darah dalam tubuh kita.

Agar lebih segar, segeralah mandi dengan air dingin tak lama setelah bermain. Salah satu fungsinya adalah untuk meredakan bengkak dan rasa nyeri sehingga Anda dapat kembali bersemangat usai lelah bermain sepak bola.

3. Cuci Muka

Sehabis berolahraga intens seperti sepak bola, wajah Anda pasti akan terasa lengket, kusam, dan berkeringat. Untuk itulah penting sekali untuk Anda mencuci muka dijamin semangat Anda akan kembali lagi. (rus/net)