Pemprov Jabar Bangun Akses Jalan Lebar Ciwidey-Cikadu Cianjur Selatan -->

Advertisement

Pemprov Jabar Bangun Akses Jalan Lebar Ciwidey-Cikadu Cianjur Selatan

Kamis, 29 November 2018

Pengerjaan jalan lebar lagi beton Ciwidey-Cikadu Cianjur selatan. (Istimewa)
JCS - Nanti mah warga Cianjur selatan kalau ingin OTW ke Bandung lebih enak lewat Cikadu Cianjur selatan-Ciwidey-Soreang Bandung. Pasalnya, Pemerintah Provinsi Jawa Barat tengah merampungkan akses atau jalan baru Ciwidey-Cikadu Cianjur selatan menuju ruas utama jalur Pangandaran-Pelabuhanratu.

Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan jalur baru ini mencapai 120 kilometer dimana perbaikan dengan memantapkan kondisi jalan lewat teknis hotmix dan beton dan diupayakan tuntas akhir 2019.
"Ini proyek yang direncanakan sejak 2013-2014. Karena kasihan nelayan dan petani di sana kalau mau ke Cianjur atau ke Kabupaten Bandung bisa 8 jam," tuturnya di Bandung, Selasa (27/11/2018).

Saat ini warga di wilayah Cikadu sudah ada yang mulai memanfaatkan kehadiran akses tersebut."Alhamdulillah dulu waktu tempuh harus 8 jam akhirnya pada 2019 nanti kita bisa ke Cikadu dalam waktu 2,5 jam melalui Soreang," paparnya.

Jalan tersebut dibangun untuk menembus isolasi Jabar Selatan juga untuk melancarkan distribusi hasil pertanian mapun peternakan dan hasil laut dari Jabar Selatan yang selama ini terhambat dengan akses dan lamanya perjalana. "Dengan adanya jalan tersebut, para petani, peternak maupun nelayan bisa langsung menjualnya langsung ke konsumen dengan harga yang lebih mahal," katanya.

Dengan akses baru ini masyarakat bisa langsung menuju ke Pantai Jayanti Cidaun. "Motong jalan melalui tidak lewat Naringgul karena Naringgul tidak bisa memuat mobil besar, terlebih jika masih menggunakan Naringgul cost-nya cukup besar karena di sana sering longsor," ujar dia.

Diketahui, pengerjaan badan jalan Cikadu-Bandung cukup lebar, volume atau panjang ruas yang dibangun sekitar 120 km. Kondisi/medan jalannya beda dengan jalan dari Cidaun-Naringgul yang tidak bisa dilewati bus besar, terlebih sering longsor.

Untuk keberlangsungan proyek tersebut, pemerintah melalui Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang segera menuntaskan jaringan jalan laba-laba, seiring dengan beresnya Tol Soroja. Jaringan wilayah lain akan mendorong pusat agar secepatnya membangun jalan tol Gedebage Majalanya Garut Tasikmalaya Ciamis Banjar untuk segera tuntas. (tas/rus)